trubus.id
Tips agar Hewan Peliharaan Tidak Stres karena Kembang Api saat Malam Tahun Baru

Tips agar Hewan Peliharaan Tidak Stres karena Kembang Api saat Malam Tahun Baru

Hernawan Nugroho - Selasa, 31 Des 2019 19:00 WIB

Trubus.id -- Sebentar lagi, tahun 2019 akan berakhir dan digantikan dengan tahun 2020. Biasanya, malam pergantian tahun dirayakan cukup meriah dengan kembang api yang dinyalakan tepat pukul 12 malam.

Kembang api yang meledak di langit memang terlihat berwarna-warni dan sangat indah. Namun, suara ledakannya itu membuat bising. Bahkan tak jarang hewan-hewan peliharaan menjadi stres. Nah, saat malam tahun baru tiba, kita harus memberikan perhatian ekstra untuk hewan kesayangan kita.

Jangan sampai mereka menjadi stres. Berikut ini beberapa tipsnya.

1. Jangan Biarkan Hewan Peliharaan Berada di Luar Rumah

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah jangan membiarkan hewan peliharaan kita berada di luar rumah. Usahakan untuk mengajaknya masuk ke dalam rumah sebelum langit gelap karena biasanya orang-orang mulai menyalakan kembang api saat suasana sekitar sudah gelap.

Baca Lainnya : 5 Jenis Kucing yang Cocok Dipelihara di Apartemen

Berada di luar rumah akan membuat mereka sangat stres karena mendengar suara bising dari kembang api. Sedangkan berada di dalam rumah bisa meredam suara bising itu. Jangan lupa untuk menutup seluruh pintu dan jendela, ya.

2. Tetap Temani Mereka di Dalam Rumah

Saat sudah berada di dalam rumah dan suara ledakan kembang api mulai terdengar, sebaiknya kita tetap menemani mereka. Jika ingin melihat kembang api, mintalah anggota keluarga untuk bergantian menemani hewan kesayangan itu. Ketika ada seseorang yang menemani, biasanya hewan akan merasa lebih tenang.

3. Ajak Bermain supaya Perhatiannya Teralihkan

Kita juga bisa mengajak hewan peliharaan kita untuk bermain supaya perhatiannya teralihkan. Bermain akan membuat mereka senang dan tidak perlu memikirkan suara-suara dari kembang api.

Baca Lainnya : Study: Stres Tinggi Tak Hanya Buruk untuk Manusia, Tapi Juga Anjing Anda

Kita juga bisa mengajaknya bermain saat siang hari sehingga mereka mungkin akan merasa lelah dan akhirnya tertidur saat malam hari. Nah, itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan saat malam tahun baru agar hewan peliharaan tidak merasa stres karena kembang api.

Editor : System

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020