trubus.id
Kepala BMKG Ingatkan, Akan Banyak Hoaks Bencana Jelang Tahun Baru

Kepala BMKG Ingatkan, Akan Banyak Hoaks Bencana Jelang Tahun Baru

Astri Sofyanti - Selasa, 31 Des 2019 11:30 WIB

Trubus.id -- Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengungkapkan bahwa menjelang pergantian tahun akan banyak bermunculan berita hoaks seputar bencana alam. Oleh karena itu, Dwikorita meminta masyarakat untuk tidak mudah percaya oleh berita bohong.

“Jangan mudah percaya hoaks, biasanya ketika malam tahun baru panen hoaks,” demikian dikatakan Dwikorita ketika menghadiri acara Kaleidoskop Bencana 2019 dan Outlook Bencana 2020 yang diadakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta, Senin (30/2/19).

Guna menghindari bermunculannya berita hoaks seputar bencana alam, Dwikorita mengajak masyarakat untuk selalu memantau perkembangan informasi yang dikeluarkan BMKG. Meski begitu, informasi terkait bencana juga tidak boleh dianggap remeh, jika informasi tersebut dikeluarkan oleh BMKG.

Baca Lainnya : BNPB dan BMKG Paparkan Prakiraan Potensi Bencana 2020

“Mari kita jangan panik. Jika informasi bencana tidak sesuai atau tidak ada peringatan di laman resmi BMKG, maka dipastikan berita tersebut adalah hoaks,” tegasnya.

Dwikorita menekankan, jika pada malam tahun baru nanti ada kabar yang menyebut akan terjadi genpa bumi yang berpotensi tsunami itu jelas bohong. Pasalnya, sampai saat ini belum ada satu teknologi canggih sekalipun yang bisa memperkirakan kapan datangnya gempa bumi dan tsunami.

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

19 Okt 2020
19 Okt 2020
15 Okt 2020