trubus.id
Sering Makan Pakai Tangan? Ternyata Bisa Membantu Mengendalikan Porsi Makan

Sering Makan Pakai Tangan? Ternyata Bisa Membantu Mengendalikan Porsi Makan

Hernawan Nugroho - Senin, 30 Des 2019 11:05 WIB

Trubus.id -- Saat makan, ada yang lebih suka memakai sendok dan garpu, ada juga yang suka makan pakai tangan. Ada juga beberapa makanan khas Indonesia yang lebih nikmat dimakan pakai tangan. Di beberapa budaya di dunia, makan pakai tangan juga jadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Tahukah Trubus Mania? Makan pakai tangan ternyata punya banyak manfaat.

Saat makan pakai tangan, kita makan dengan lebih perlahan. Makan dengan perlahan rupanya bisa membuat kita lebih mudah merasa kenyang. Dengan begitu, kita jadi lebih bisa mengendalikan porsi makan dan tidak makan berlebihan.

Baca Lainnya : Ini Penyebab Tetap Ingin Makan Meski Sudah Kenyang 

Porsi Terkendai

Bukan hanya membantu mengendalikan porsi makan, kebiasaan makan dengan tangan juga bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2. Ini karena pasien diabetes tipe 2 makan lebih cepat. Dengan makan cepat, gula darah lebih cepat naik dan jadi tidak seimbang. Kebiasaan makan pakai tangan juga bisa membantu kita mengendalikan makan camilan karena rasa kenyang ini.

Lebih Bersih

Meski ada yang menganggapnya jorok, sebenarnya makan pakai tangan bisa lebih bersih, lo. Namun, tentu saja kita harus cuci tangan dengan benar sampai bersih. Saat kita makan dengan tangan, biasanya kita langsung mencuci tangan dengan sabun. Saat makan dengan alat makan seperti sendok, garpu, dan sumpit, kita seringkali langsung makan tanpa memikirkan kebersihan alat makan itu.

Membantu Pencernaan

Di tubuh manusia ada bakteri baik. Di tangan kita juga ada bakteri baik yang tidak berbahaya bagi manusia. Ketika kita makan dengan tangan dan bakteri itu ikut masuk ke dalam tubuh. Tapi di dalam tubuh kita bakteri itu justru bermanfaat bagi bagian tubuh dan membantu menjaga kesehatan pencernaan. Menurut ilmu kesehatan Ayuverda di India, setiap jari tangan mewakili elemen tertentu. Sehingga makan dengan tangan menstimulasi kelima jari dan membuatnya mengeluarkan cairan  yang membantu pencernaan.

Baca Lainnya : Ini Sebabnya Melewatkan Makan Malam Bukanlah Ide Bagus untuk Turunkan Berat Badan

Saat memegang makanan dengan jari tangan, ada enzim dan cairan pencernaan yang dikeluarkan oleh jari. Kemudian, ujung saraf di jari mengirimkan pesan pada otak kalau kita akan makan. Ini membantu menyiapan usus kita mencerna makanan. Makan dengan tangan juga bisa menjadi latihan otot di tangan kita, lo! Yang penting, jangan lupa cuci tangan dengan baik dan benar menggunakan sabun sebelum makan, ya!

Editor : System

Berita Terkait

09 April 2020
09 April 2020
09 April 2020

Baca Juga

Berita Lainnya