trubus.id
Life » Menjadi Alternatif Kacamata, Ketahui Sejarah Lensa...
Menjadi Alternatif Kacamata, Ketahui Sejarah Lensa Kontak

Menjadi Alternatif Kacamata, Ketahui Sejarah Lensa Kontak

Hernawan Nugroho - Minggu, 29 Des 2019 12:00 WIB

Trubus.id -- Mata minus akan membuat pengelihatan kita menjadi tidak jelas pada jarak tertentu. Akibatnya, hal ini akan mengganggu kita saat melihat tulisan di papan tulis kelas, menonton televisi, maupun membaca.

Nah, untuk mengatasi mata minus ini, maka penggunaan kacamata sangat dibutuhkan, untuk membantu melihat dengan lebih jelas. Namun kadang orang dewasa akan menggunakan alternatif pengganti kacamata, yaitu lensa kontak.

Lensa kontak digunakan sebagai alternatif kacamata karena dianggap lebih praktis serta tidak mengganggu aktivitas, seperti ketika sedang berolahraga.

Baca Lainnya : Mata Gatal, Perih dan Bengkak Karena Polusi? Ini yang Harus Kamu Lakukan

Sedangkan bagi anak-anak, minimal usia yang dianjurkan untuk memakai lensa kontak adalah delapan tahun.

Meskipun lensa kontak merupakan alternatif bagi pengguna kacamata, ide mengenai lensa kontak dicetuskan oleh Leonardo da Vinci, seorang matematikawan dan dikenal juga melalui lukisannya yang terkenal, Monalisa. Konsep lensa kontak oleh Da Vinci (foto: istimewa)

Ini artinya lensa kontak bukan merupakan hal yang baru, Trubus Mania.

Lensa kontak yang diciptakan sebagai alternatif pengguna kacamata ini ternyata sudah dicetuskan idenya oleh Leonardo da Vinci. Ide awal penciptaan lensa kontak oleh Leonardo da Vinci ini diketahui dari sketsa yang diciptakannya tahun 1508.

Pada sketsa yang dibuatnya, Leonardo da Vinci membuat sebuah konsep, yaitu pengelihatan manusia dapat diubah dengan cara menempatkan kornea langsung bersentuhan dengan air.

Baca Lainnya : Awas, Jangan Pernah Pakai Lensa Kontak Jika Melakukan Ini

Sayangnya, konsep ini tidak berkembang lebih lanjut lagi selama 350 tahun kemudian. Setelah lebih dari tiga abad konsep penciptaan lensa kontak dicetuskan oleh Leonardo da Vinci, baru pada 1827, gagasan penciptaan cetakan mata mulai diusulkan.

Gagasan mengenai cetakan mata ini diusulkan oleh seorang astronom dari Inggris, yaitu Sir John Herschel.

Cetakan yang diusulkan oleh Herschel ini memungkinkan dibuatnya lensa korektif, yang bisa menyesuaikan permukaan depan mata manusia dan bisa memperbaiki pengelihatan.

Nah, beberapa catatan sejaran menuliskan kalau ide cetakan mata ini kemudian digunakan untuk membuat lensa kontak pertama. Lensa kontak pertama diketahui berbahan kaca dan dibuat oleh seorang peniup kaca dari Jerman, yaitu FA Muller pada 1887.

Sedangkan catatan lainnya menyatakan kalau lensa kontak pertama dibuat oleh dokter dari Swiss, Adolf E. Fick dan ahli optik dari Paris, Edouard Kalt. Keduanya diperkirakan menciptakan dan memasang lensa kontak pertama pada 1888 yang digunakan untuk membantu memperbaiki pengelihatan.

Editor : System

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020