trubus.id
Travel » Wisata Sejarah: Pulau Zum-Zum, Pulau Persembunyian...
Wisata Sejarah: Pulau Zum-Zum, Pulau Persembunyian Jenderal Sekutu

Wisata Sejarah: Pulau Zum-Zum, Pulau Persembunyian Jenderal Sekutu

Hernawan Nugroho - Minggu, 29 Des 2019 07:00 WIB

Trubus.id -- Indonesia memiliki lebih dari 15.000 pulau berukuran besar dan kecil. Tidak heran jika beberapa di antara pulau ini tidak dihuni. Meski tidak dihuni, beberapa pulau ini memiliki menarik, salah satunya adalah Pulau Zum-Zum.

Kabupaten Kepulauan Morotai di Maluku Utara adalah salah satu kabupaten di Indonesia yang terdiri dari banyak pulau.

Pulau yang paling besar adalah Pulau Morotai. Pulau Morotai pun dikelilingi pulau-pulau lain yang lebih kecil dan banyak sekali jumlahnya, salah satunya adalah Pulau Zum-Zum. Menurut infopapua, Pulau Zum-Zum terletak sangat dekat dengan Pulau Morotai. Jaraknya hanya sekitar 3 mil atau 7 km dari pelabuhan terdekat.

Baca Lainnya : Bercengkrama dengan Ubur-Ubur Tanpa Sengat di Papua

Meski begitu, kita harus tetap menggunakan kapal untuk menuju Pulau Zum Zum. Kita bisa menyewa kapal dari Pelabuhan Kota Daruba untuk tiba di sana. Waktu tempuhnya juga cepat, hanya sekitar 15 menggunakan speed boat.

Setibanya kita di Pulau Zum-Zum, kita akan langsung menyadari bahwa pulau ini tidak dihuni. Rumput-rumput mengelilingi pulau dan daun-daun yang berjatuhan menutupi tanah.

Ukuran pulau ini memang tidak besar, sehingga tidak cocok digunakan sebagai pemukiman. Tapi, pulau ini juga merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Morotai.

Memangnya ada apa di pulau ini?

Menurut masyarakat Morotai, Pulau Zum-Zum pernah disinggahi oleh Jenderal Douglas MacArthur. Jenderal MacArthur menggunakan pulau ini sebagai lokasi persembunyian dan peristirahatan ketika beliau dan pasukannya sedang melawan Tentara Jepang di Morotai.

(foto: infopapua)

Menurut warga, dahulu ada pipa untuk menyalurkan air bersih dari Pulau Morotai ke pulau ini.

Jenderal Douglas MacArthur sendiri merupakan jenderal asal Amerika Serikat yang bertugas di Pasifik.

Ketika menginjakan kaki di Morotai, Jenderal MacArthur bertugas sebagai Komandan Sekutu Anti-Jepang di Pasifik. Beliau lah yang menjadikan Morotai sebagai basis militer dalam upaya merebut Filipina dari Jepang.

Baca Lainnya : Gudangnya Kekayaan Alam Satwa Eksotis Indonesia? Papua Tempatnya

Ketika berperan di Morotai, Jenderal MacArthur terkenal akan strategi perangnya. Strategi ini dikenal dengan nama “leap frog”. Strategi inilah yang membuat Jenderal MacArthur memenangkan pertempuran.

Untuk mengenang sejarah mengenang sejarah di Pulau Zum-Zum, kini dibangun patung Jenderal MacArthur di tengah pulau ini.

Di bagian bawah patung dituliskan data singkat serta kata-kata yang seringkali diucapkan oleh sang jenderal. Pulau Zum-Zum pun juga seringkali disebut sebagai Pulau MacArthur.

Editor : System

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020