trubus.id
Travel » Cave Tubing Menyenangkan di Kalisuci Gunungkidul Y...
Cave Tubing Menyenangkan di Kalisuci Gunungkidul Yogyakarta

Cave Tubing Menyenangkan di Kalisuci Gunungkidul Yogyakarta

Hernawan Nugroho - Sabtu, 28 Des 2019 18:00 WIB

Trubus.id -- Kali ini kita akan membahas wisata minat khusus yang lagi ngehits juga di Yogyakarta, Yaitu cave tubing di Kalisuci Gunungkidul Yogyakarta. Cave tubing di Kalisuci Gunungkidul ini agak sedikit berbeda dengan tempat lain.

Sebenarnya keberadaan kalisuci sendiri sudah di ketahui sejak lama oleh masyarakat setempat, hanya saja masyarakat sektiar kalisuci masih menganggap wilayah sekitar kalisuci adalah tempat yang angker dan sangat jarang warga sekitar yang menjamah wilayah tersebut.

Baca Lainnya : Pantai Sadranan Gunungkidul, Tempat Snorkling Baru di Yogyakarta

Hingga sebuah komunitas pecinta alam berusaha berteman dengan alam Kalisuci, dan alhasil sekarang kalisuci menjadi destinasi cave tubing yang banyak dicari wisatwan lokal maupun mancanegara yang sedang berwisata di jogja.

(foto: wisatakita)

Menurut WisataKita, ternyata cave tubing di kalisuci adalah lokasi cave tubing pertama di Indonesia dan menempati urutan ketiga di dunia. Luar biasa rupanya gunungkidul yang dahulu terkenal dengan wilayah tandus , di baliknya menyimpan surga tersembunyi kelas internasional.

Kalisuci sendiri adalah sebuah aliran sungai di Gunungkidul yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu sungai yang terbuka alias terlihat dari daratan hingga bawah bumi melewati sebuah goa yang lebar dan bermuara di pantai Baron.

Sejak dahulu aliran sungai kalisuci adalah satu-satunya sumber air yang di gunakan oleh warga sekitar. Ketika musim kemarau aliran sungai tidak pernah kering bahkan cenderung jernih dan sangat bersih. Apalagi sama sekali tidak tercemar oleh limah maupun polusi.

Selain memiliki suasana lingkungan yang asih sangat asri dan hijau, Kalisuci memiliki kontur geologi yang menarik. Di dalam goa sendiri terdapat bebatuan dengan bentuk yang unik.  Di dalam juga terdapat beberapa jenis batu kristal yang biasanya pemandu akan menunjukan kepada para wisatawan.

(foto: wisatakita)

Tetapi Petualangan yang sebenarnya adalah ketiak wisatawan mencoba cave tubing. Apalagi ketika mulai memasuki goa Kalisuci dan Gua Gelatik. Di dalam goa sama sekali tidak ada cahaya matahari. Satu-satunya cahaya berasal dari senter kepala. Setelah memasuki ke dalam goa, pengunjung bisa menikmati Stalaktit alami yang meneteskan air begitu jernih, Di dalam goa juga terdapat beberapa bongkahan batu kristal, hanya saja pengunjung dilarang membawa batu tersebut keluar goa Kalisuci.

Baca Lainnya : Tebing Breksi, Primadona Obyek Wisata Berpanorama Indah di Yogyakarta

Secara administratif kalisuci Gunungkidul terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, yogyakarta. Berjarak sekitar 60 kilometer dari pusat kota Yogyakarta dengan estimasi waktu perjalanan darat sekitar 1- 1,5 jam.

Editor : System

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020