trubus.id
Ternyata 6 Bagian Tubuh Ini Tidak Perlu Terlalu Sering Dibersihkan

Ternyata 6 Bagian Tubuh Ini Tidak Perlu Terlalu Sering Dibersihkan

Hernawan Nugroho - Sabtu, 28 Des 2019 17:00 WIB

Trubus.id -- Setiap hari, bagian kulit tubuh kita mengeluarkan keringat, Trubus Mania. Untuk membersihkan bagian tubuh yang berkeringat itu, kita mandi dan membersihkannya.

Dengan begitu, tubuh jadi bersih dan kita terhindari dari berbagai kuman penyakit. Kita juga membersihkan bagian tubuh lain yang mengeluarkan kotoran supaya selalu bersih. Tapi menurut Health, ada bagian tubuh tertentu yang ternyata tidak perlu dibersihkan sesering bagian tubuh yang lain. Ini dia penjelasannya.

1. Hidung

Meski bertujuan membersihkan kotoran di dalam hidung, mengupil justru bisa melukai bagian dalam hidung dan menyebabkan pendarahan, pembengkakan, dan pengerasan kulit.

Baca Lainnya : Kebiasaan Buruk yang Membahayakan Telinga, Hidung, dan Tenggorokan

Karenanya, kita tidak perlu sering membersihkan hidung. Terlebih, saat ingin membersihkan hidung, cara terbaik bukanla menggunakan jari atau tisu, melainkan menggunakan saline spray.

Saline spray ini adalah semprotan berisi larutan untuk membersihkan hidung. Menjaga asupan cairan tubuh juga membantu hidung lebih jarang kotor.

2. Rambut

Ada orang yang keramas setiap hari, dua hari sekali, atau seminggu sekali. Ini tergantung pada kondisi rambut dan kulit kepala. Namun, umumnya mencuci rambut atau keramas terlalu sering justru tidak baik bagi kondisi kulit kepala.

Jika memang kulit kepalamu tidak terlalu berminyak atau bahkan kering, maka tidak perlu terlalu sering keramas. Sedangkan jika kulit kepalamu sangat berminyak, keramaslah saat rambut sudah terasa sangat berminyak.

3. Kaki dan Tangan

Saat mandi, kita pasti ingin seluruh bagian tubuh digosok dengan sempurna menggunakan sabun. Namun, ternyata tangan dan kaki kita tidak perlu digosok secara berlebihan. Sebabnya, bagian lengan tangan dan kaki tidak terlalu banyak mengeluarkan minyak.

Membersihkannya terlalu sering justru bisa membuat bagian tangan dan kaki kering. Kita tetap bisa menggosok bagian ketiak dan telapak kaki dengan sabun sampai bersih karena bagian itu banyak berkeringat.

4. Mata

Mata kita memiliki kelenjar lakrimal yang bertugas memproduksi air mata. Air mata bukan hanya berfungsi melumasi mata namun juga membersihkan dan melindungi mata dari kotoran dan iritan lainnya.

Jika mata kita terasa gatal atau terasa kemasukan benda asing, hindari membersihkan dengan jari kita yang mungkin kotor. Lebih baik beri obat tetes mata atau konsultasikan dengan dokter.

5. Saluran Telinga

Apa Trubus Mania sering membersihkan telinga menggunakan cotton bud untuk membersihkan bagian saluran telinga? Membersihkan telinga dengan cotton bud ternyata bisa memberikan dampak yang kurang baik.

Kulit di bagian dalam saluran telinga sangat rapuh dan bisa terluka, membengkak, dan terititasi jika terkena gesekan cotton bud. Penggunaan cotton bud juga bisa mendorong kotoran telinga (ear wax) semakin terdorong masuk ke dalam telinga.

Kotoran telinga akan keluar dengan sendirinya. Kita cukup membersihkan bagian telinga luar saat mandi atau membersihkan saluran telinga sesekali dengan tisu.

Baca Lainnya : Waspada, Makanan Mengandung Gula Tingkatkan Risiko Penyakit Radang Usus

6. Usus Besar

Mungkin ada yang buang air besar setiap hari. Jika kamu memang merasa ingin buang air, tentu kamu harus mengeluarkannya. Namun, bagi teman-teman yang tidak buang air besar setiap hari, tidak perlu khawatir selama kamu tidak mengalami sembelit.

Saluran pencernaan kita sudah membantu menghilangkan zat sisa dari tubuh. Kita hanya perlu mendengarkan sinyal dari tubuh ketika ingin buang air besar dan tentunya jangan lupa mengonsumsi makanan berserat agar pencernaan lancar.

Editor : System

Berita Terkait

18 Feb 2020
18 Feb 2020
18 Feb 2020

Baca Juga

Berita Lainnya