trubus.id
Life » Kiat Sehat Menaikkan Berat Badan Selama Liburan Pa...
Kiat Sehat Menaikkan Berat Badan Selama Liburan Panjang

Kiat Sehat Menaikkan Berat Badan Selama Liburan Panjang

Hernawan Nugroho - Kamis, 26 Des 2019 23:00 WIB

Trubus.id -- Liburan adalah momen yang tepat jika ingin menggemukkan badan. Pasalnya, Trubus Maniapunya lebih banyak waktu untuk lebih sering dan lebih banyak makan. Meski begitu, caranya tetap tidak boleh asal-asalan. Supaya usaha menaikkan berat badan saat liburan sukses tanpa merugikan kesehatan.

Jika tujuan liburan adalah untuk menggemukkan badan dengan cara yang sehat, jangan tergoda untuk hanya makan banyak dan berleha-leha berbaring di kasur. Kebiasaan makan banyak yang dibarengi dengan tendensi malas gerak memang bisa menaikkan berat badan, tapi cara ini harus dihindari.

Berat badan yang naik secara tidak sehat dapat menimbulkan masalah di kemudian hari, seperti obesitas, diabetes, kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan penyakit lainnya. Bila Anda berencana untuk menaikkan berat badan saat liburan, cara yang ditempuh harus sehat. Ikuti beberapa tipsnya berikut ini supaya Anda bisa menaikkan berat badan sesuai dengan target tanpa menimbulkan masalah.

Baca Lainnya : Food Coma di Liburan Akhir Tahun, Ini Cara Mencegah Sekaligus Mengatasinya

1. Pilih makanan yang sehat bernutrisi

Family Doctor menyebut kunci menaikkan berat badan adalah meningkatkan asupan kalori. Namun, banyak yang salah mengartikan hal ini dengan memilih makanan bergula tinggi, seperti permen, donat, cokelat, dan kue manis. Makanan tersebut memang tinggi kalori, namun tidak dilengkapi dengan nutrisi yang menyehatkan.

Selain itu, makanan manis juga memiliki angka indeks glikemik yang tinggi. Itu artinya, semakin besar angkanya, semakin cepat membuat kadar gula darah naik. Ini tidak menyehatkan tubuh karena membuat insulin bekerja lebih keras untuk menstabilkan kadar gula darah.

Agar bisa tetap sehat selama menaikkan berat badan naik saat liburan, Anda perlu membatasi makanan tersebut. Ini juga termasuk makanan cepat saji. Pilih makanan yang mengandung kalori dengan indeks glikemik rendah, seperti kentang, ubi, buah, buah, biji-bijian utuh, dan sayur. Jangan lupa penuhi protein dan lemak sehat, dengan mengonsumsi daging, alpukat, telur, dan kacang-kacangan. Akan lebih baik jika makanan Anda masak sendiri, supaya kandungan nutrisinya bisa Anda

(foto: shutterstock)

2. Makan sedikit-sedikit tapi sering

Selain pilihan makanan, porsi makanan juga perlu diperhatikan jika ingin berat badan naik saat liburan. Anda tidak perlu makan dalam jumlah besar karena hal ini bisa membuat perut kekenyangan dan sakit. Meningkatkan asupan kalori bisa Anda tempuh dengan berbagai cara. Bisa membuat porsi makan lebih sedikit dari biasanya tapi sering, atau porsi makan seperti biasa tapi ditambah camilan. Namun, camilan yang dimakan juga harus sehat, seperti potongan buah atau yogurt dengan topping almond, bukannya minuman bersoda dan kue atau keik manis.

Baca Lainnya : Takut Terpapar Penyakit Saat Liburan? Siapkan Hal Ini Sebelum Berwisata

3. Tetap harus olahraga

Meningkatkan asupan kalori memang bisa menaikkan berat badan. Namun, Anda tidak perlu sampai mengurangi olahraga, atau malah tidak melakukannya sama sekali. Kalori yang berlebih ini nantinya akan diubah menjadi sel lemak di dalam tubuh jika tidak dibakar. Sebaliknya bila Anda tetap berolahraga, sel lemak dari kelebihan kalori tersebut akan diubah disimpan menjadi energi cadangan dan sebagiannya lagi digunakan untuk meningkatkan massa otot. Massa otot inilah yang membantu menaikkan berat badan Anda saat liburan namun tetap menyehatkan tubuh.

(foto: pixabay)

4. Konsultasi ke dokter atau ahli gizi

Untuk mencapai berat badan yang naik dengan angka yang ideal dan sehat, mungkin tidak mudah pada semua orang. Jika Anda mengalami kesulitan, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter maupun ahli gizi. Ahli kesehatan tersebut akan membantu Anda untuk menentukan pilihan asupan makanan yang sesuai dan aktivitas fisik yang tepat. Selain itu, memantau kenaikan berat badan Anda agar tidak berlebihan.

Selama berusaha menaikkan berat badan, Anda perlu bersabar. Pasalnya, berat badan tidak boleh naik dalam jumlah besar dalam waktu cepat. Kemungkinan, dokter atau ahli gizi akan memperpanjang program ini meskipun liburan telah berakhir.

Editor : System

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020