trubus.id
Life » Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Menjalani Diet Rendah...
Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Menjalani Diet Rendah Karbohidrat

Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Menjalani Diet Rendah Karbohidrat

Syahroni - Kamis, 26 Des 2019 10:00 WIB

Trubus.id -- Setelah gelombang diet Keto, diet rendah karbohidrat tampaknya kembali diperhitungkan. Meskipun diet ini dulu tetap sangat kontroversial, baru-baru ini mulai mendapatkan popularitas lagi. Bagi yang belum tahu, diet rendah karbohidrat membatasi asupan karbohidrat antara 60 hingga 130 gram per hari. 

Karbohidrat adalah jenis makronutrien penghasil kalori yang ditemukan di banyak makanan dan minuman. Alih-alih meraih karbohidrat, mereka yang diet rendah karbohidrat mencoba memasukkan lebih banyak protein dan lemak ke dalam makanan mereka.

Gagasan di balik ini adalah bahwa tubuh akan membakar lemak yang disimpan, bukan karbohidrat yang akan membantu dalam mempromosikan penurunan berat badan. Namun, penting untuk dipahami bahwa karena kamu harus tidak mengonsumsi semua makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti biji-bijian, biji-bijian olahan, makanan panggang dan beberapa buah dan sayuran bertepung, kamu harus mendidik diri sendiri dengan seksama tentang diet ini sebelum melanjutkannya. 

1. Apa sebenarnya diet rendah karbohidrat?

Jika kamu seorang vegetarian dan memilih untuk mengikuti diet rendah karbohidrat, sangat penting untuk mengenali sumber protein vegetarian. Kamu bisa memasukkan kembang kol, brokoli, susu murni dan yoghurt, kacang-kacangan dan biji-bijian ke dalam makanan. Jika kamu bukan vegetarian, kamu bisa memasukkan berbagai daging tanpa lemak seperti dada ayam dan babi, telur, serta ikan.

2. Perlu perencanaan yang tepat

Sama seperti diet lainnya, kamu mungkin perlu merencanakan makanan terlebih dahulu untuk bisa melewati satu minggu. Ini tidak hanya akan membantu menghindari karbohidrat sebanyak mungkin, tetapi juga memastikan bahwa kamu tidak kehilangan nutrisi penting sambil tetap berpegang pada diet.

3. Beli camilan rendah karbohidrat

Pastikan untuk membawa camilan rendah karbohidrat seperti kacang tanpa garam, biji-bijian dan telur rebus untuk mengalahkan keinginan makan malam. Ini akan memastikan bahwa kamu tidak menikmati ngemil yang tidak sehat dan menyesalinya nanti.

4. Hindari olahraga berlebihan

Meskipun olahraga ringan diperlukan untuk tetap sehat, penting agar kamu tidak berlebihan berolahraga. Kamu akan membutuhkan karbohidrat ekstra untuk melakukan latihan seperti jogging, berenang, atau berlari cepat, yang membutuhkan stamina dan kekuatan ekstra.

Jadi, tidak masalah diet apa yang kamu ikuti untuk menurunkan berat badan, pada akhirnya semuanya akan berangsur-angsur turun. Sangat penting bahwa kamu makan dengan tepat dan tidak menikmati makanan yang sangat tinggi lemak. Selain itu, kamu harus berkonsultasi dengan praktisi medis terlatih untuk memahami apakah diet rendah karbohidrat ideal untuk tubuh atau tidak. 

Editor : Syahroni

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020