trubus.id
Pohon Natal Khas Australia Barat, Varietas Pinus Tradisional yang Penuh Makna

Pohon Natal Khas Australia Barat, Varietas Pinus Tradisional yang Penuh Makna

Syahroni - Rabu, 25 Des 2019 21:30 WIB

Trubus.id -- Setiap tahun, Nuytsia floribunda, atau 'pohon Natal Australia' seperti yang biasa dikenal, meledak menjadi kehidupan baru dengan warna oranye terang setiap bulan Desember. Mistletoe raksasa unik ini hanya dapat ditemukan di sudut barat daya Australia Barat/ West Australia (WA) dan merupakan pohon parasit tertinggi di dunia. Pohon ini juga merupakan simbol yang kuat untuk budaya Noongar, dengan roh leluhur beristirahat di cabang-cabangnya.

Spesimen itu adalah bunga liar WA pertama yang diakui oleh orang Eropa setelah Belanda berlayar di sepanjang pantai selatan pada tahun 1627 dan melihat bunga-bunga emas yang cemerlang. Itu juga telah menjadi subjek 40 tahun daya tarik bagi Stephen Hopper, seorang profesor biologi di University of Western Australia.

"Secara ilmiah, ini luar biasa," katanya. "Nenek moyangnya kembali 40 juta tahun dan memiliki banyak atribut yang luar biasa, misalnya sebagian besar tanaman memiliki satu atau dua daun bibit, pohon ini memiliki empat atau lima. Tidak ada pohon lain di dunia yang melakukan itu."

Sifat parasit dari pohon Natal WA adalah atribut lain yang menarik - spesies membentuk cincin di sekitar akar tanaman dan memotong cukup untuk mengakses cairan dari mereka.

"Konsekuensinya, ia dapat hidup dan berbunga serta memiliki daun-daun yang sejuk dalam cuaca musim panas yang terpanas. Ini juga sangat tidak selektif dalam hal apa itu parasit, sampai pada titik di mana pada banyak kesempatan di pinggiran selatan Perth, orang kehilangan saluran telepon bawah tanah mereka. Mereka mengeluh dan diketahui bahwa Nuytsia floribunda sedang membungkus saluran telepon dan memotong, mengira mereka adalah akar." kata Profesor Hopper.

Rumah suci roh

Pohon Natal asli memegang tempat khusus di hati banyak orang Noongar, termasuk lelaki Menang Larry Blight yang tinggal di pantai selatan WA.

"Kami menyebutnya pohon moojar dan itu pohon yang sangat signifikan karena itu pohon roh kami," katanya. "Ini juga menyediakan banyak tempat teduh serta [menjadi] sumber makanan serangga dan burung kita."

Pohon-pohon juga digunakan oleh masyarakat adat untuk menentukan pandangan musiman. "Bagi kami itu indikasi musim panas," kata Mr Blight. "Jika mereka berbunga awal, itu berarti akan memiliki awal musim panas atau, sebaliknya, jika mereka berbunga terlambat kita akan memiliki yang terlambat. Umumnya mereka mekar penuh saat Natal setiap tahun."

Pohon terakhir berdiri

Nuytsia floribunda sering terlihat di paddocks, pohon terakhir yang berdiri setelah pembukaan lahan. Secara historis, ketika orang-orang Noongar bertunangan untuk membantu membersihkan lahan pertanian, mereka menolak untuk menebang mistletoe asli.

"Roh nenek moyang kita sedang beristirahat di pohon itu," kata Tuan Blight. "Jika kita memutuskan salah satu cabang itu untuk dibawa pulang atau membangun tempat berlindung baru [menggunakan pohon], maka kita akan memiliki roh itu bersama kita dan roh itu tentu saja tidak akan bahagia."

Spesies ini juga kemungkinan tidak akan terganggu oleh efek perubahan iklim, setidaknya untuk sementara waktu, saran Profesor Hopper.

"Ini terhubung ke semua sistem pabrik lain dan mendapat uap air dari mereka," katanya. "Itu juga klonal - mengirimkan akar utama seperti saluran [dan] hingga panjang 110 meter telah diukur. Jadi, jika Anda melihat satu pohon Natal dan melihat-lihat, yang lain di dekatnya mungkin semua genotipe yang sama."

Di tempat lain di planet ini tidak ada pohon yang luar biasa, dan itu memegang tempat yang sangat istimewa di hati Australia Barat.

"Saya kagum pada mereka dan sangat bangga; semua perasaan itu bergulir menjadi satu," kata Mr Blight. "Pohon-pohon ini adalah sesuatu yang harus dibanggakan oleh setiap Australia Barat - bahwa kita adalah bagian dari negara ini dan bagian dari pohon-pohon, dan pohon-pohon itu adalah bagian dari kita."

Editor : Syahroni

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020