trubus.id
Life » Jaga Lingkungan, Begini Cara Memberi Pohon Natal '...
Jaga Lingkungan, Begini Cara Memberi Pohon Natal 'Kehidupan Kedua' Usai Perayaan

Jaga Lingkungan, Begini Cara Memberi Pohon Natal 'Kehidupan Kedua' Usai Perayaan

Syahroni - Rabu, 25 Des 2019 08:00 WIB

Trubus.id -- Ketika pohon-pohon natal dibuang di trotoar dan menunggu untuk diambil petugas kebersihan kota adalah pertanda bahwa liburan akan segera berakhir. Namun ada cara lain untuk menggunakan pohon Anda setelah perayaan 25 Desember yang akan memberikannya kehidupan kedua dan juga baik untuk lingkungan, kata Dan Kraus, ahli biologi konservasi senior di Nature Conservancy of Canada.

“Kami telah menempuh perjalanan jauh dari masa lalu ketika sebagian besar pohon natal berakhir di tempat pembuangan sampah, dan pemerintah kota melakukan pekerjaan yang baik untuk mendaur ulang pohon Anda. Tetapi ada cara lain Anda bisa menyingkirkannya,” kata Kraus dilansir dari Global News.

Pohon Natal yang baru ditebang adalah bisnis bernilai $ 77 juta di Kanada, dengan setengah dari pohon Natal negara itu diekspor ke AS setiap tahun. Lebih dari 2,2 juta pohon diekspor dari provinsi ke negara lain untuk Natal, menurut data 2017 dari Statistics Canada.

Menemukan cara alternatif untuk menggunakan pohon Natal Anda, terutama mengembalikannya ke alam, adalah cara yang bagus untuk memberikan manfaat bagi satwa liar setempat dan bukan hanya mengubahnya menjadi mulsa, kata Kraus.

Kraus merekomendasikan untuk memotong cabang-cabang pohon Anda dan menempatkannya di halaman belakang sehingga perlahan-lahan dapat kembali menjadi tanah dan menyediakan habitat bagi hewan saat bagian pohon itu membusuk.

“Ia memikirkan bagaimana alam mendaur ulang di hutan. Anda bisa belajar tentang itu, terutama jika Anda punya anak,” katanya. "Pohon itu sangat ikonik, dan melihatnya memiliki kehidupan kedua ini ... dan menyediakan habitat bagi satwa liar selama musim dingin."

Selama musim dingin, sementara pohon itu masih berwarna hijau dan memiliki jarum, pohon itu dapat memberikan perlindungan bagi burung, kata Kraus.

Pada musim semi, jika Anda menempatkan batang dan cabang-cabang di kebun halaman belakang Anda, bunga-bunga akan tumbuh di sekitar mereka dan cabang-cabangnya perlahan-lahan akan mulai rusak.

"Pada musim panas berikutnya ... bahan itu akan mulai berubah menjadi tanah, dan batang pohon Anda yang sebenarnya akan menyediakan habitat. Hal-hal seperti kodok akan hidup di bawahnya,” katanya. 

Dalam dua atau tiga tahun, seluruh pohon akan menjadi tanah, tambahnya.

Ini sangat aman untuk hewan dan hewan peliharaan yang mungkin ingin bermain di halaman belakang, dan itu adalah cara untuk mengembalikan pohon ke ekosistem alami, katanya.

“Hanya dengan memikirkan bagaimana berbagai hal bekerja di hutan, kita dapat belajar sedikit tentang itu. Ini adalah kesempatan bagi orang untuk melakukan sesuatu yang berbeda dengan pohonmu. Jelas sedikit lebih ringan pada lingkungan," katanya. 

Jika Anda tidak memiliki halaman belakang, Anda dapat meninggalkan pohon di hutan terdekat dan proses yang sama akan terjadi pada pohon itu, kata Marie-Paule Godin, manajer operasi di Tree Canada.

"Ada juga hewan yang akan memakan dedaunan di pohon Natal, jadi jarum, termasuk hewan penjelajah seperti rusa. Di musim dingin, mereka mencari makanan." katanya. 

Pohon itu adalah unsur alami yang dapat terurai secara alami yang sudah menjadi bagian dari hutan, jadi tidak invasif, tambahnya. Menggunakan pohon Natal Anda untuk dekorasi rumah adalah metode lain yang populer, kata Godin.

"Anda bisa memotong cabang dan menggunakannya untuk keperluan dekoratif di luar ruangan di sekitar jalur Anda, berjalan ke pintu Anda," katanya.

Mengiris batang pohon Anda menjadi cakram kecil dapat dijadikan tatakan gelas, atau Anda dapat menggantungnya sebagai memori pohon Anda sejak tahun itu, tambahnya.

Situs-situs seperti Pinterest memiliki instruksi tentang kerajinan lain untuk dibuat dari pohon Natal, termasuk lebih banyak dekorasi pedesaan.

Memahami dari mana pohon Anda berasal dan belajar tentang siklus kehidupan alami adalah peluang bagi warga Kanada untuk benar-benar terhubung dengan lanskap dan lingkungan negara itu, kata Kraus.

"Mungkin kemudian ketika kamu benar-benar keluar ke hutan, kamu akan mulai melihat kayu mati di tanah dan berpikir tentang apa yang terjadi pada itu," katanya. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020