trubus.id
Amankah Jika Anjing Makan Es Krim?

Amankah Jika Anjing Makan Es Krim?

Thomas Aquinus - Senin, 23 Des 2019 10:00 WIB

Trubus.id -- Hampir semua orang suka makan es krim. Ya, memangnya apa yang lebih baik daripada suguhan manis dan dingin di hari yang panas? Ketika ke toko es krim lokal, kamu mungkin pernah bertanya-tanya apakah boleh membelikan anjing dessert favoritmu ini. Dengan kata lain, apakah aman untuk anjing makan es krim?

Potensi Masalah Kesehatan

Hal yang utama untuk dibahas adalah es krim bukan pilihan camilan sehat untuk anjing. Sementara sesekali sedikit es krim vanila atau sorbet mangga mungkin tidak akan mengirim anjing ke dokter hewan, namun yang jelas, es krim tidak boleh menjadi makanan biasa untuk anjing.

Mengutip The Spruce Pets, anjing dewasa tidak memiliki perut yang benar-benar siap untuk menangani laktosa. Meskipun mereka dapat mencerna susu ketika masih anak-anak, mereka benar-benar tidak dapat mencerna susu saat dewasa. Ketidakmampuan untuk mencerna susu ini dapat menyebabkan kembung, gas, diare, dan muntah. Dalam kebanyakan kasus, anjing mungkin hanya akan mengeluarkan sedikit gas. Tetapi jika kamu memberi anjing kecil banyak es krim, reaksi anjing terhadap produk susu bisa lebih serius. Juga, anjing dengan diabetes atau masalah berat badan harus menjauh dari es krim.

Baca Lainnya : Berenang Secara Rutin Baik untuk Kesehatan Anjing

Cara Memberi Es Krim dengan Aman untuk Anjing 

Jika kamu memutuskan untuk memberikan es krim pada anjing, tetap gunakan es krim rasa buah atau vanila polos. Pastikan untuk memberi dalam jumlah kecil pada awalnya untuk memastikan itu tidak mengganggu perut anjing. Kamu mungkin akan melihat gejala-gejala, seperti kembung, gas, muntah, gangguan pencernaan dan diare, dalam waktu dua jam jika perut anjing menolak produk susu.

Jika ingin memberi anjing suguhan pendingin untuk dicicipi selama musim panas, pertimbangkan untuk membuat es krim buatan sendiri. Menghaluskan pisang, selai kacang, dan sedikit yogurt (yang memiliki lebih sedikit laktosa daripada es krim) akan menciptakan hidangan lezat yang bisa kamu bekukan di rumah. Kamu juga bisa menambahkan beberapa oat, apel, atau bahan-bahan lain yang sehat dan ramah anjing.

“Nice cream” vegan dan yoghurt beku keduanya berpotensi lebih baik untuk anjing juga, karena mereka seringnya memiliki lebih sedikit gula dan lebih rendah dalam (atau bahakn bebas dari) susu. Seperti halnya memberi makanan baru, mulailah dengan memberi makan anak anjing sedikit saja. Tunggu beberapa jam untuk melihat bagaimana dia merespons makanan sebelum memberinya lebih banyak.

Baca Lainnya : Jilatan Anjing Ternyata Bisa Menyebabkan Infeksi Serius, Benarkah?

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Anjing Terlanjur Makan Es Krim 

Jika anjing makan es krim tanpa "izin" kamu, cobalah untuk tetap tenang. Cari tahu apa rasa es krim itu dan berapa banyak yang telah dikonsumsinya. Jika anjing tidak memakan bahan-bahan berbahaya, mereka mungkin akan baik-baik saja. Mereka mungkin akan mengeluarkan gas atau buang air beberapa kali. 

Tetapi jika anjing makan es krim dengan pemanis buatan, kacang macadamia, kopi, coklat, anggur, atau kismis, kamu mungkin akan menghadapi masalah serius. Karena itu, jangan tunda pergi ke dokter hewan. 

Intinya adalah bahwa, sebagai aturan umum, es krim bukan hadiah yang bagus untuk anjing. Tapi selai kacang, pisang, dan yoghurt bisa menjadi makanan beku yang lezat. Ada terlalu banyak bahan yang berpotensi berisiko dalam es krim untuk anjing [Ayu/NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020