trubus.id
Life » 5 Tips dan Trik untuk Meredakan Hidung Tersumbat
5 Tips dan Trik untuk Meredakan Hidung Tersumbat

5 Tips dan Trik untuk Meredakan Hidung Tersumbat

Thomas Aquinus - Senin, 23 Des 2019 07:30 WIB

Trubus.id -- Satu kesalahan umum yang dilakukan orang ketika mengalami hidung tersumbat adalah menyeka hidung dan mengendus alias menarik ingus sepanjang waktu. Itu akan memperburuk penyakit karena lendir yang menuju ke paru-paru dapat menyebabkan infeksi. Alih-alih menggunakan langkah-langkah seperti itu, mengikuti beberapa metode sederhana berikut akan mengurangi atau bahkan mencegah dari hidung tersumbat.

Ketika berada di tempat tidur, pertahankan kepala pada posisi tinggi: Ini akan mengurangi pembentukan lendir. Setiap posisi yang membawa semacam tekanan pada sinus membantu pembentukan lendir. Cara terbaik adalah tidur dengan wajah menghadap ke langit-langit.

Bawang adalah cara yang baik untuk melegakan hidung: Cukup iris bawang dan hirup. Bawang akan bertindak sebagai katalis untuk mengeluarkan cairan dan membersihkan hidung. Cara termudah untuk menyingkirkan hidung tersumbat adalah memotong, mengupas, dan mengendus bawang selama lima menit dan hidung akan jernih dalam sekejap.

Bawang (Foto: Orissa post) 

Baca Lainnya : Kebiasaan Buruk yang Membahayakan Telinga, Hidung, dan Tenggorokan

Makan makanan pedas: Ketika kamu makan makanan pedas seperti lada, bahan kimia yang disebut Capsaicin yang ditemukan dalam lada membuat lendir mengalir dari hidung dan membantumu membersihkan saluran hidung.

Minum banyak minuman panas: Teh atau kopi berfungsi dengan baik. Uap yang dikeluarkan oleh minuman panas ini akan membantu mengencerkan lendir. Minuman panas, terutama teh, dapat membebaskan kamu dari hidung tersumbat. 

Baca Lainnya : 7 Cara Gampang Hindari Flu dan Pilek

Uap adalah pilihan terbaik: Tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih atau mentol ke air panas. Kemudian tutup kepala dengan handuk dan kemudian hirup uapnya. Menutup kepala dengan handuk akan memastikan bahwa tidak ada uap yang keluar dan kamu bisa menghirup semua uap mentol itu.

Nah, mengikuti tip-tip sederhana ini dapat mencegah dan menyembuhkan hidung tersumbat secara alami. Memang, hidung tersumbat sangat menyusahkan, tetapi tips ini dapat memastikan bahwa iritasi akan berkurang jauh. [Ayu/NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020