trubus.id
Dosen IPB University Sosialisasikan Eksplorasi Sumberdaya Kelautan pada Siswa SMA di Kabupaten Bogor

Dosen IPB University Sosialisasikan Eksplorasi Sumberdaya Kelautan pada Siswa SMA di Kabupaten Bogor

Thomas Aquinus - Jumat, 20 Des 2019 07:00 WIB

Trubus.id -- Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University telah mengirimkan dosen mengabdi dari  Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University untuk memberikan sosialisasi kepada siswa dan siswi di beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Bogor. Dosen yang diutus adalah Dr Sri Pujiyati, MSi dan Ir Endang Sunarwati Srimariana, MSi. Tema sosialisasi pada program dosen mengabdi kali ini adalah “Eksplorasi Sumberdaya Laut dalam Mendukung Kemaritiman Indonesia”. 

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Multimedia SMA Kornita Dramaga, beberapa waktu lalu adalah kegiatan yang ketiga kalinya diadakan oleh LPPM IPB University. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta lingkungan dan menjaga kelestariannya terutama laut bagi siswa dan siswi SMA. Peserta yang hadir 42 orang peserta yang terdiri dari empat sekolah SMA yang ada di Kabupaten Bogor yakni SMAN 1 Dramaga, SMAN 1 Ciampea, SMAN 1 Cibungbulang dan SMA Kornita Dramaga. Masing-masing sekolah mengirimkan 10 siswa dan siswi kelas XII IPA serta didampingi oleh satu orang guru.

Pada kesempatan ini, Ir Endang Sunarwati Srimariana, MSi memaparkan tentang lingkungan laut, kehidupan dan biodiversitas laut, bioprospeksi kelautan, pembagian zona laut, topografi laut nusantara. Ia juga memperkenalkan biota-biota laut yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber pangan, sumber senyawa bioaktif bagi industri kosmetik, suplemen makanan, obat-obatan dan sumber energi terbarukan.

Baca Lainnya : Dosen Mengabdi IPB University Lakukan Pendampingan UMKM di Cimahpar Bogor

Dosen IPB University itu mengungkapkan, setelah mengikuti kegiatan ini, maka diharapkan siswa dan siswi mengerti tentang lingkungan laut, biodiversitas laut, dan prospek biota laut. Kemudian memiliki keinginan untuk menjaga lingkungannya dengan baik dan ikut serta menjaga lingkungan laut sebagai tempat kehidupan biota laut yang memiliki prospek sebagai sumber senyawa bioaktif.

Materi kedua disampaikan oleh Dr Sri Pujiyati, MSi yang menjelaskan tentang kekayaan sumberdaya hayati laut Indonesia, potensi perairan Indonesia sebagai pembangkit listrik tenaga panas laut, tenaga ombak maupun tenaga arus laut. Ia pun memperkenalkan beberapa aplikasi penggunaan peralatan hidroakustik seperti untuk mendeteksi tipe dasar perairan, mineral, karbon, dan minyak bumi.

“Harapannya dapat memotivasi para siswa untuk mencintai lautan, menjaganya demi kelestarian lingkungan. Kemudian mereka mengerti tentang teknologi hidroakustik dalam eksplorasi sumberdaya kelautan. Mendorong siswa-siswi untuk kreatif mengembangkan kemampuan mereka bagi kemajuan Indonesia. Dengan kegiatan ini diharapkan pula siswa dan siswi dapat semakin mencintai Indonesia karena memiliki kekayaan laut yang luar biasa,” tuturnya salam keterangan tertulis yang diterima Trubus.id.

Baca Lainnya : Dosen IPB University Transfer Ilmu Budi Daya Ikan Lele dengan Teknologi Bioflok, Ini Keunggulannya

Sementara itu guru pendamping siswa dari SMAN 1 Ciampea, Zaimul Ihsany, SPd menyampaikan, kegiatan ini memberikan gambaran kepada siswa dan siswi tentang program studi yang ada di departemen perikanan sehingga memiliki keinginan untuk melanjutkkan ke perguruan tinggi pada jurusan tersebut. Dengan adanya kegiatan ini, siswa dapat mengetahui informasi keberagaman kehidupan laut, instrumentasi dalam perikanan dan turut serta menjaga kelestarian lautan.

Kegiatan ini ditutup dengan pembagian bibit jambu biji merah dan sirsak. Ada sekitar 50 bibit yang dibagikan kepada siswa dan siswi yang hadir pada kegiatan ini. Harapannya bibit tersebut dapat ditanam dan dirawat sebaik mungkin oleh siswa dan siswi tersebut untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar.

  

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

27 Feb 2020
27 Feb 2020
27 Feb 2020

Baca Juga

Berita Lainnya