trubus.id
Lepas Ekspor Nanas dan Sapi Pedet di Lampung, Mentan Syahrul: Kita Pengekspor Nanas Terbesar Dunia

Lepas Ekspor Nanas dan Sapi Pedet di Lampung, Mentan Syahrul: Kita Pengekspor Nanas Terbesar Dunia

Astri Sofyanti - Selasa, 17 Des 2019 18:20 WIB

Trubus.id -- Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meninjau pabrik pengalengan nanas yang diproduksi PT Great Giant Pinaepple di Terbanggi Besar, Bandar Lampung, Selasa (17/12/19). Di sana, Mentan Syahrul bersama Gubernur Bandar Lampung Arinal Djunaidi, Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto, hingga pejabat dilingkup Kementerian Pertanian meninjau secara langsung pabrik pengemasan nanas siap ekspor. Menurutnya Lampung mempunyai potensi besar untuk mengembangkan buah-buahan tropis mulai dari nanas, pisang, mangga, alpukat dan beberapa jenis buah tropis lainnya. Disela-sela peninjauan tersebut, Mentan Syahrul juga melepas ekspor nanas olahan, pisang segar, berbagai komoditas pertanian lainnya senilai Rp181 miliar dan melakukan panen sapi pedet.

"Hari ini kami, Kementerian Pertanian bersama Gubernur Lampung hadir untuk menyaksikan karya besar anak bangsa di bidang komoditas pertanian khususnya nanas. Kita mengekspor nanas ke berbagai negara seperti Belanda, Amerika Serikat dan sejumlah negara tujuan lainnya," kata Mentan Syahrul dalam pelepasan ekspor nanas olahan, pisang segar dan sejumlah komoditas pertanian lainnya senilai Rp181 miliar, di Bandar Lampung, Selasa (17/12).

Diakui Mentan Syahrul, hal ini menandakan bahwa komoditas buah-buahan kita diminati oleh negara lain. Syahrul menekankan bahwa ke depan, pemerintah melalui Kementerian Pertanian dan Gubernur Lampung berkomitmen menjadikan Lampung sebagai daerah pengekspor nanas terbesar di dunia.

"Kita pengekspor nanas terbesar di dunia. Kita harus menjadikan Provinsi Lampung sebagai mentor, agar berbagai komoditas buah tropis semakin diminati dunia. Inilah yang harus kita dorong bersama. Kita berharap kedepannya hal ini bisa mendorong kesejahteraan masyarakat menjadi lebih baik khususnya di Lampung," tegas Mentan Syahrul.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Lampung mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Menteri Pertanian karena Mentan Syahrul dinilainya begitu memahami akan potensi Lampung. "Lampung mampu menghasilkan produk-produk unggulan baik di tingkat nasional atau bahkan dunia. Oleh karena itu kita hanya tinggal menunggu waktunya, sehingga ekspor Lampung bisa semakin berjaya dimasa yang akan datang," pungkasnya.

Editor : System

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020