trubus.id
Kunjungi Warga Terdampak Banjir Solok Selatan, Kepala BNPB: Negara Hadir Ketika Warga menjadi korban Bencana

Kunjungi Warga Terdampak Banjir Solok Selatan, Kepala BNPB: Negara Hadir Ketika Warga menjadi korban Bencana

Astri Sofyanti - Minggu, 15 Des 2019 12:00 WIB

Trubus.id -- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo melakukan mengunjungi korban terdampak banjir di Solok Selatan, Sumatera Barat, Sabtu (14/12). Dalam kunjungannya terebut. Dihadapan warga Solok Selatan Kepala BNPB mengatakan,"Kehadiran saya disini untuk memastikan negara hadir, ketika warga Indonesia menjadi korban bencana alam dan harus memberikan perhatian penuh.”

Doni menyampaikan ucapan belasungkawa dari Pemerintah Pusat dan Turut Berduka Cita atas kejadian bencana di Bolapapu dan meminta masyarakat harus kuat dan tabah terus jaga persatuan dan kebersamaan. Doni Monardo juga menyampaikan bahwa Presiden RI memerintahkan agar BNPB meningkatkan upaya pencegahan bencana, sehingga Kepala BNPB meminta masyarakat bersama-sama menjaga alam dan mematuhi aturan untuk tidak merusak hutan

"Jagalah Alam supaya Alam menjaga kita" kata Doni.

Kepala BNPB bersama rombongan meninjau lokasi banjir, didampingi Gubernur Sulteng Longki Djanggola, Wakil Gubernur Rusli Dg. Pala, turut hadir pula Bupati Sigi Irwan Lapata, Deputi BNPB, Tenaga Ahli BNPB, Kalaksa BPBD Provinsi/Kabupaten/Kota Sulteng, Danrem 132/Tadulako, pejabat gubernuran, dan aparat kepolisian setempat.

Baca Lainnya : Ajak Masyarakat Ubah Perilaku Untuk Peduli Lingkungan, Kepala BNPB: Ini Solusi Permanen dalam Pencegahan Banjir Berulang

Bupati Sigi, Irwan Lapata menyampaikan terimakasih kepada Kepala BNPB Bapak Doni Monardo atas perhatiannya yang langsung datang ke Bolapapu untuk meninjau secara langsung dan dukungan bantuannya kepada masyarakat korban bencana Bolapapu. Dan Bupati Sigi meminta masyarakat agar patuhi aturan untuk terus menjaga Alam.

Gubernur juga menyampaikan bahwa tahun 2012 yang lalu terjadi bencana yang sama. Masyarakat dihimbau terus menjaga alam dengan baik. "Saya menghimbau masyarakat agar terus menjaga alam jangan melakukan perambahan hutan dan mematuhi ketentuan yang berlaku" ujarnya.

Usai meninjau lokasi banjir bandang di Desa Bolapapu, Kulawi, Sigi, Sulteng. Doni meminta aktivitas penebangan pohon liar dihentikan.

"Kita harus jaga bersama sama, bencana adalah urusan bersama, stop tebang pohon liar," pesannya.

Baca Lainnya : BNPB Serahkan Bantuan DSP Penanganan Banjir ke Kabupaten Lima Puluh Kota

Pada kesempatan yang sama, BNPB juga memberikan Dana Siap Pakai (DSP) sebesar Rp. 500 juta kepada Bupati Sigi dan menyerahkan bantuan Rendang 200 kg dari Gubernur Sumatera Barat untuk masyarakat korban Bencana. Serta memberikan bantuan senilai Rp. 2 Milyar untuk penyediaan bibit pohon siap tanam. Agar tidak terjadi lagi banjir dan longsor, yang juga akan melibatkan TNI untuk menanam pohon bersama masyarakat.

Update data sementara, dua orang meninggal dunia atas nama Yan Cristison Memberi 51 tahun dan Rizky Bambarehi 8 tahun. Sejumlah 218 Kepala Keluarga (KK) atau 707 jiwa terdampak dan 60 KK mengungsi. Kerugian materiil, 50 unit rumah rusak ringan, 7 unit rumah rusak berat dan 1 gereja terendam. [NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020