trubus.id
Sudahkah Perawatan Kecantikanmu Ramah Lingkungan?

Sudahkah Perawatan Kecantikanmu Ramah Lingkungan?

Thomas Aquinus - Sabtu, 14 Des 2019 06:00 WIB

Trubus.id -- Di dunia di mana kata-kata seperti perubahan iklim dan kehidupan berkelanjutan berkembang lebih dari sekadar judul berita, inilah saatnya untuk mengamati dengan cermat rutinitas kecantikan kita sehari-hari. Sama seperti di dunia fesyen, ada gerakan menuju praktik kecantikan hijau yang menambahkan cahaya kebaikan pada wajah dan kemilau jiwamu. Dokter kulit dan dokter kecantikan Dr Pallavi Sule, dikutip dari TImes of India,  mengatakan bahwa salah satu cara paling sederhana untuk memotong plastik dari perawatan kulit adalah dengan memerhatikan kemasannya. “Cobalah membeli produk yang dikemas dalam plastik dan kertas daur ulang. Gunakan kembali dan isi ulang produk. Hindari botol-botol kecil yang tertumpuk di kamar mandi hanya karena terlihat lucu."

Selain pengemasan, dokter kulit Dr Simal Soin juga menyarankan untuk beralih ke kain wajah yang bisa dicuci untuk membersihkan wajah alih-alih menggunakan tisu basah sekali pakai atau kapas. Saran-sarannya yang lain: mencari sikat rias yang dibuat dari produk yang berkelanjutan seperti bambu; gunakan sampo kering karena membantu menghemat air dan menerapkan pengobatan rumahan yang lebih alami.

Pakai Lebih Sedikit, Berkilau Lebih Baik
Beberapa YouTubers kecantikan telah berbicara tentang membongkar lemari kecantikan kita untuk melawan mentalitas penimbunan. Kurasi lemari kecantikan dengan hal-hal yang benar-benar digunakan dan dibutuhkan.

Pilih beberapa produk yang lebih multiguna dan multikoreksi yang menambah sedikit limbah ke sistem. Carilah produk 2-in-1 seperti perona bibir sekaligus perona pipi. Lebih sedikit produk = lebih sedikit kemasan = lebih sedikit limbah.

Baca Lainnya : Yuk, Bikin Sendiri Balm Pembersih Makeup dari Bahan Alami Ini

Sule mengatakan, “Kebutuhan saat ini adalah rejimen kecantikan dan perawatan kulit yang berkelanjutan. Gunakan formulasi perawatan kulit alami, organik, dan nabati yang juga lebih baik untuk kulit. ”

Meningkatkan kesadaran tentang kecantikan berkelanjutan dapat mengarah pada pilihan konsumen yang lebih bertanggung jawab yang pada gilirannya akan mendorong produsen untuk mengembangkan produk yang lebih ramah lingkungan yang menghasilkan siklus yang baik. 

Ritual Kecantikan Berkelanjutan 

  • Gunakan sabun batangan. Selain lebih sedikit kemasan, kamu dapat menggunakannya sepenuhnya dan tidak ada botol untuk dibuang. Selain sampo kering yang disarankan, sampo juga ada dalam bentuk batangan, loh. 
  • Gunakan tetes terakhir. Jangan buru-buru membuang kemasan produk kecantikan ketika terlihat akan habis, gunakan hingga tetes terakhir. JIka perlu, gunakan spatula atau gunting kemasan untuk mendapatkan sisanya. 
  • Gunakan sedikit makeup. Luangkan lebih banyak waktu untuk mendapatkan kulit yang bagus daripada menggunakan lebih banyak makeup.
  • Simpan produk dengan baik. Dengan penyimpanan yang tepat, produk akan bertahan lebih lama. Penyimpanan yang ideal adalah di tempat yang sejuk dan gelap seperti lemari es atau lemari kaca. 
  • Gunakan obat rumahan. Indonesia kaya akan bahan-bahan alami yang berkhasiat untuk meredakan berbagai penyakit. Pilihlah obat rumahan dari bahan alami daripada obat berbahan kimia. 
  • Singkirkan kemasan. Banyak merek produk kecantikan sekarang menawarkan pickup atau tukar botol kosong yang mudah dilakukan. 
  • Beli produk lokal. Beli lebih banyak produk lokal untuk mendukung perekonomian, jangan lupa pilih yang alami dan organik ya. 
  • Mandi air dingin. Mandi air dingin  tidak menghilangkan minyak alami dari kulitmu. [Ayu/NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

28 Jan 2020
28 Jan 2020
28 Jan 2020

Baca Juga

Berita Lainnya