trubus.id
Bagaimana Seekor Anjing Dapat Membantu Anak Belajar Membaca?

Bagaimana Seekor Anjing Dapat Membantu Anak Belajar Membaca?

Thomas Aquinus - Selasa, 10 Des 2019 08:00 WIB

Trubus.id -- Di antara sederet tugas orang tua, mendampingi anak belajar membaca mungkin menjadi salah satu tugas yang menguras energi. Para peneliti pun telah menemukan bahwa sulit bagi orang tua - atau siapa pun yang sudah tahu cara membaca dalam hal ini - untuk dengan sabar duduk dan mendengarkan anak yang kesulitan membaca. Inilah sebabnya mengapa tren terbaru dalam mengajar anak-anak membaca telah beralih pada anjing - secara harfiah. 

Dari Laman MNN, para ahli mengatakan bahwa membaca dengan anjing - khususnya yang dilatih untuk membaca dengan anak-anak, seperti Daisy, dalam video di bawah ini - membantu anak-anak mengatasi rasa takut dihakimi ketika mereka membaca. Karena berusaha sekuat tenaga untuk menyembunyikannya, anak-anak kecil merasakan ketegangan ketika mereka melakukan kesalahan. Nah, membaca kepada anjing memberi anak-anak teman yang tidak menghakimi, menghibur untuk mendengarkan mereka tanpa tekanan kesempurnaan.

Penelitian mengonfirmasi hal itu

Peneliti dari University of British Columbia Okanagan School of Education mengamati 17 anak-anak di kelas 1 hingga 3 membaca. Mereka diberi bahan bacaan yang sedikit di atas tingkat bacaan normal mereka dan diminta untuk membacakan kepada pengamat sendiri atau kepada anjing terapi dan pemiliknya. Ketika anak-anak selesai membaca halaman, mereka ditanya apakah mereka ingin melanjutkan.

“Temuan menunjukkan bahwa anak-anak menghabiskan lebih banyak waktu membaca dan menunjukkan lebih banyak kegigihan ketika seekor anjing — terlepas dari ras atau usia — berada di ruangan itu, berlawanan dengan ketika anak-anak membaca tanpa mereka,” kata mahasiswa doktoral Camille Rousseau, dalam sebuah pernyataan. "Selain itu, anak-anak melaporkan merasa lebih tertarik dan lebih kompeten."

Para peneliti berharap bahwa temuan ini, yang diterbitkan dalam jurnal Anthrozoos, dapat membantu mengembangkan program bantuan anjing "standar emas" untuk para pembaca yang kesulitan.

Demikian pula, penelitian sebelumnya oleh para peneliti di University of California, Davis menemukan bahwa anak-anak yang membaca dengan anjing terapi terlatih meningkatkan keterampilan membaca mereka sebesar 12% selama program 10 minggu. Anak-anak yang membaca sendiri atau dengan orang dewasa tidak menunjukkan peningkatan dalam program 10 minggu yang sama.

Wow, tertarik mencoba? [Ayu/NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020