trubus.id
Food Coma di Liburan Akhir Tahun, Ini Cara Mencegah Sekaligus Mengatasinya

Food Coma di Liburan Akhir Tahun, Ini Cara Mencegah Sekaligus Mengatasinya

Syahroni - Minggu, 08 Des 2019 09:00 WIB

Trubus.id -- Liburan akhir tahun adalah yang terbaik, bukan? Teman, keluarga, kehangatan, kebahagiaan - dan, tentu saja, makanan. Namun, bagian terakhir itu bisa menjadi masalah, terutama ketika kamu makan berlebihan dan akhirnya merasa lamban dan jelas tidak hebat karena makan berlebihan. You got that food coma! 

Meskipun kita semua tahu bahwa moderasi (secukupnya) adalah kunci menuju kebahagiaan dan kenyamanan - dalam hal ini perut, namun musim liburan menjadi semacam pengecualian yang sulit ditolak untuk jadi lebih rakus, ya. Nah, untuk menghindari kelambanan yang berujung kenaikan berat badan, inilah yang harus kamu lakukan jika food coma itu terjadi padamu.

Apa yang terjadi ketika kamu makan berlebihan?

Kembung dan tidak nyaman sudah pasti akan kamu rasakan. SheKnows berbicara dengan Dr. Susan Besser, seorang dokter keluarga dengan Mercy Personal Physicians di Baltimore, Maryland, yang juga seorang diplomat dari American Board of Obesity Medicine. Kami ingin mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi di perut ketika seseorang memasukkan terlalu banyak daging dan makanan penutup.

"Pada tingkat mekanis murni, perut Anda buncit (bengkak) ketika Anda makan berlebihan," katanya. "Ada jumlah kapasitas terbatas di sana, dan itu tidak bisa diulur melebihi kapasitas normalnya."

Tentu saja, perut mencoba memperbaiki masalah dengan memindahkan makanan secepat mungkin, yang dapat mengakibatkan ketidaknyamanan lebih lanjut. Pada beberapa orang (terutama mereka yang memiliki masalah refluks), perut mungkin mencoba mendorong isinya kembali ke kerongkongan, yang bisa terasa mengerikan. Perut juga dapat mencoba mendorongnya ke luar (keluar dari pintu belakang), dan dengan cepat, yang dapat menyebabkan diare dan kram.

Apa pertahanan pertama untuk makan berlebih?

Apa pun yang kamu lakukan, kata Besser, jangan berbaring telentang setelah makan banyak. Karena dapat memperburuk masalah refluks (asam lambung) yang dialami. Jadi alih-alih, pertimbangkan kursi malas jika kamu terlalu sulit dan malas untuk bergerak. Berolahraga pun tak boleh. 

"Olahraga memberi sinyal tubuh untuk fokus pada otot dan bukan pada usus, sehingga aktivitas usus akan melambat, meninggalkan semua makanan yang duduk di sana menyebabkan kram," jelasnya.

Yang bisa kamu lakukan adalah berjalan-jalan santai. Jangan berlebihan, tentu saja, tetapi bergerak di sekitar dapat meningkatkan metabolisme sedikit dan dapat membantu mencerna makanan. 

Apa yang harus kamu makan atau minum setelah makan berlebihan?

Ini mungkin terlihat jelas, tetapi dengarkan tubuhmu saat makan. Jangan terus makan begitu kamu merasa sudah melebihi kapasitas dan tidak merasa lapar lagi. “Anda akan perlu minum air, sehingga Anda tidak mengalami dehidrasi," catatan Besser. Bagaimanapun, kamu pasti ingin pencernaanmu bekerja dengan baik dan pasti tak ingin menambahkan lebih banyak ke beban kerjanya.

Ketika sudah merasa lebih baik pada hari berikutnya, cobalah untuk mempelajari apa yang terasa memuaskan dan apa yang membuatmu merasa tak nyaman. Juga, tetap terhidrasi, karena air adalah kehidupan.

Bisakah minum obat untuk makan berlebihan?

Not really. Besser mengatakan beberapa obat OTC, seperti antasida atau obat anti-gas, dapat membantu, tetapi kadang-kadang yang bisa kamu lakukan hanyalah menunggu. 

"Benar-benar tidak ada obat yang bagus untuk menetralkan blues karena terlalu banyak makan," katanya. Sebagai gantinya, kamu bisa mencoba untuk menikmati makanan seara perlahan, apalagi jika itu makanan favorit. “Sadarilah bahwa sebagian besar waktu makan Anda adalah untuk keinginan, bukan untuk kebutuhan nutrisi. Nafsu keinginan hanya membutuhkan beberapa gigitan, maka makanlah perlahan dan nikmati. ” Teruslah minum air putih dan nikmati makananmu dengan kecepatan yang tepat untuk tubuhmu.

Ingat-ingat waktu libur akhir tahun ya, Trubus Mania. 

Editor : Syahroni

Berita Terkait

07 Agu 2020
04 Agu 2020
03 Agu 2020