trubus.id
Benih yang Dilapisi Bakteri dan Jamur, Bantu Tanaman Atasi Air dan Tanah yang Terlalu Asin

Benih yang Dilapisi Bakteri dan Jamur, Bantu Tanaman Atasi Air dan Tanah yang Terlalu Asin

Syahroni - Sabtu, 07 Des 2019 14:30 WIB

Trubus.id -- Para peneliti di Florida International University (FIU) telah menemukan benih pelapis dengan jamur dan bakteri dapat membantu tanaman berharga menghalangi satu-dua pukulan air tanah dan tanah yang lebih asin.

Buncis yang peka garam, yang menyumbang lebih dari $ 105 juta bagi perekonomian Florida, sangat berisiko. Ini ditanam di daerah Miami-Dade dan Palm Beach, komunitas pesisir di mana akuifer bawah tanah yang digunakan untuk irigasi dan air minum terancam oleh naiknya air laut dan intrusi air asin.

Melapisi bijinya dengan bakteri rhizobium atau jamur mikoriza arbuscular membantu mematahkan kacang melawan masalah layu dan nutrisi yang terkait dengan kondisi asin yang dapat menurunkan hasil panen.

Melapisi benih dengan bakteri dan jamur bekerja lebih seperti vaksin untuk menyuntik tanaman dari garam, kata Profesor Krish Jayachandran, co-direktur program Agroekologi FIU yang mengarahkan penelitian ini.

"Kami ingin melihat apakah itu dapat mengurangi efek stres garam," kata Claudia L. Garcia, seorang mahasiswa master agroekologi dan penulis utama studi tersebut. "Terutama bersama-sama, mikroorganisme ini dapat memainkan peran penting dalam mengurangi stres garam di tanah."

Kombinasi bakteri-jamur juga ditemukan untuk meningkatkan produksi protein yang dilepaskan oleh jamur yang membantu rumpun tanah bersama agar tidak tertiup angin atau hanyut.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat bagaimana tanaman Florida lainnya dapat mengambil manfaat dari inokulasi yang diberikan oleh bakteri dan ramuan jamur. Studi ini diterbitkan dalam jurnal akademik Agronomy dan didanai oleh Departemen Pertanian A.S.

Studi FIU sebelumnya telah menunjukkan intrusi air asin di sebelah barat lahan pertanian di Florida Everglades dapat memberi tekanan pada tanaman dan pohon secara berbeda. Cypress botak dapat mengalami stres nutrisi di mana mereka menyerap makanan terlalu cepat atau terlalu lambat. Sawgrass mungkin tumbuh lebih besar sementara akarnya layu dan mati. Bakau mencari keseimbangan garam dan air tawar yang lebih baik melarikan diri sama sekali. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

23 Sep 2020
07 Sep 2020
31 Agu 2020