trubus.id
Peneliti LIPI Anjurkan Pemindahan Sarang Tawon Vespa Affinis Pada Malam Hari

Peneliti LIPI Anjurkan Pemindahan Sarang Tawon Vespa Affinis Pada Malam Hari

Astri Sofyanti - Kamis, 05 Des 2019 16:00 WIB

Trubus.id -- Muncunya fenomena sarang tawon yang ditemukan di kawasan pemukiman penduduk perlu ditangani dengan bijak. Pasalnya sejumlah kasus sengatan tawon Vespa Affinis ini mengakibatkan sejumlah warga di Jawa Tengah meninggal dunia. Tawon Vespa Affinis juga masuk ke dalam kategori serangga berbahaya dan agresif jika mendapat gangguan.

Peneliti tawon dan lebah dari Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Hari Nugroho mengungkapkan, tawon Vespa Affinis memiliki sifat hidup yang aktif sepanjang siang hari (diurnal).

“Cara yang paling aman untuk memindahkan sarangnya yakni pada sore atau malam hari. Pasalnya, hewan diurnal yang agresif pada siang hari, cenderung memiliki sifat yang berdarah dingin. Ia menyukai suhu lingkungan yang panas. Suhu yang hangat akan meningkatkan metabolisme tubuh tawon sehingga ia akan aktif sepanjang siang hari,” kata Hari ketika ditemui di Gedung Zoologi, Pusat Penelitian Biologi LIPI Cibinong, Jawa Barat, Kamis (5/12).

Baca Lainnya : Sebabkan 10 Orang Meninggal, LIPI Ajak Masyarakat Kenali dan Waspadai Serangan Tawon Vespa

Sementara pada maham hari, lanjut Hari, di mana suhu lingkungan menurun, tawon jenis ini cenderung tidak aktif. Di siang hari ketika mendung atau hujan tawon Vespa Affinis tidak terlalu aktif. Sehingga pemindahan sarang pada siang hari ketika mendung dan hujan bisa dilakukan.

Meski begitu, Hari mengungkapkan, tawon Vespa Affinis ini biasanya akan memiliki sarang yang cenderung lebih besar dibanding dengan jenis tawon lainnya, sehingga pemindahan perlu dilakukan oleh para ahli seperti pemadam kebakaran. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya serangan yang membahayakan.

“Kalau sarang masih sebesar buah mangga kita bisa membasminya dengan menyemprotkan insektisida, tapi jika sarang besar, sebaiknya meminta bantuan pemadam kebakaran untuk memindahkannya,” pungkas Hari. 

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

07 Sep 2020
31 Agu 2020
28 Agu 2020