trubus.id
Drone Mengabadikan Video Kawanan Penyu Terbesar yang Pernah Difilmkan

Drone Mengabadikan Video Kawanan Penyu Terbesar yang Pernah Difilmkan

Hernawan Nugroho - Kamis, 05 Des 2019 13:33 WIB

Trubus.id -- Saat ini kita saat ini sedang mengalami krisis kepunahan global, jadi kesempatan untuk menyaksikan sidang besar spesies yang terancam punah adalah kesempatan langka dan memang istimewa.

Dapat dibayangkan bagaimana perasaan ahli biologi Vanessa Bézy ketika dia menerbangkan drone-nya di atas garis pantai Kosta Rika untuk menangkap apa yang mungkin merupakan sekawanan penyu terbesar yang pernah difilmkan, lapor National Geographic.

Rekaman itu, yang diperlihatkan dalam video itu, menggambarkan ribuan kura-kura laut olive ridley berenang melintasi area tak jauh dari Suaka Margasatwa Nasional Ostional. Diperkirakan ada sekitar satu kura-kura untuk setiap meter persegi dalam rekaman. Kerumunan sangat padat sehingga Anda hampir bisa membayangkan melompati laut dengan melompat antar cangkang penyu itu.

Baca Lainnya : Mengapa Penyu Bekerja Bersama untuk Menggali Sarang Mereka, Ini Jawabannya

Bahkan, jumlah kura-kura dalam video itu mungkin sebenarnya hanya sebagian kecil saja. Penonton bisa melihat kura-kura baru naik dari kedalaman saat drone naik, jadi mungkin ada lebih banyak kura-kura yang tersembunyi dari pandangan di bawah permukaan.

"Saya langsung tahu ada sesuatu yang istimewa terjadi," kata Bézy. "Sampai hari ini aku masih terpesona oleh video itu. Mereka terlihat seperti mobil bumper di luar sana. ”

Segerombolan kura-kura bukanlah hal yang aneh di Ostional; tempat perlindungan didirikan pada tahun 1983 sebagai kawasan lindung khusus untuk kura-kura. Tetapi kerumunan padat ini belum pernah terlihat sebelumnya dari sudut pandang ini, dan mereka mungkin tidak akan pernah terlihat lagi mengingat ini adalah spesies yang rentan.

"Ini adalah satu-satunya saat saya melihat video menangkap fenomena ini di air," jelas Roldán Valverde, direktur ilmiah Sea Turtle Conservancy di Florida. "Sebagian besar fotografi yang mendokumentasikan ini terjadi di pantai."

Bézy mempelajari penyu-penyu ini, dan mengatakan dia baru-baru ini merilis rekaman ini untuk meningkatkan kesadaran tentang apa yang kita kehilangan jika spesies ini tidak dilindungi. Meskipun kura-kura ini tersebar luas, mereka memiliki sangat sedikit situs bersarang di seluruh dunia, sehingga ketika situs-situs bersarang ini terancam, itu mengancam seluruh populasi sekaligus. Misalnya, Bézy telah menjadi semakin khawatir tentang meningkatnya industri pariwisata di sekitar pantai tempat populasi ini bersarang.

Baca Lainnya : Puluhan Penyu Penjelajah Dunia, Mampir dan Bertelur di Raja Ampat

Regulasi baru telah diusulkan untuk melindungi pantai-pantai kritis ini, tetapi karena pengembang melanggar batas dan akses menjadi lebih mudah, regulasi tersebut mungkin tidak cukup. Bagian dari masalah adalah bahwa tukik penyu zaitun memiliki tingkat kelangsungan hidup yang sangat rendah hingga dewasa. Hanya sekitar 1 dari 100 mencapai kematangan, dan itu hanya mempertimbangkan ancaman alami. Jika Anda menimbun ancaman dari perambahan manusia, mudah untuk melihat bagaimana populasi kura-kura bisa jatuh dengan cepat, berpotensi dalam satu generasi.

Untuk saat ini, seperti yang dapat kita lihat di video, populasi ini tampaknya kuat. Bézy berharap rekamannya akan membantu agar tetap seperti itu. "Semua orang yang saya tunjukkan video ini memiliki respons emosional," katanya.

Editor : System

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020