trubus.id
Busa Putih Beracun Penuhi Salah Satu Pantai Terkenal di India

Busa Putih Beracun Penuhi Salah Satu Pantai Terkenal di India

Thomas Aquinus - Kamis, 05 Des 2019 07:00 WIB

Trubus.id -- Pantai di India dilapisi busa setinggi lutut yang menurut para ahli beracun! Tetapi bahaya itu tidak menghentikan para wisatawan untuk bermain-main dan berselancar di buih putih, menurut organisasi berita AFP. Hamparan pantai, Pantai Marina di Chennai, adalah pantai urban terbesar di India dan dikunjungi puluhan ribu pengunjung setiap hari.

Busa itu juga merupakan “pengunjung” berulang ke pantai, muncul setiap tahun ketika hujan monsun mencuci polusi ke laut, menurut AFP. Busa tersebut kemungkinan merupakan hasil campuran residu deterjen cuci dan limbah lainnya, dikocok menjadi buih oleh angin dan gelombang. Hanya 40% dari air limbah Chennai yang diolah, Pravakar Mishra, seorang ilmuwan di Pusat Penelitian Pesisir Nasional di Chennai, mengatakan kepada AFP. Sisanya,  selokan dari kota berpenduduk lebih dari 7 juta orang langsung tersapu ke laut.

Busa tersebut berpotensi menyebabkan iritasi dan kerusakan kulit, dan para nelayan telah diperingatkan untuk tidak turun ke laut. Seorang nelayan bernama Jeyaseelan mengatakan bahwa nilai ikan yang ia tangkap telah jatuh drastis, karena penduduk setempat curiga bahwa ikan tersebut terkontaminasi oleh polusi yang terlihat di pantai. Pada tahun 2016 dan 2017, limpasan pencemaran menyebabkan ikan mati di pantai dekat Chennai.

Baca Lainnya : Polusi Suara Dapat Mengancam Kelangsungan Hidup Banyak Spesies di Seluruh Dunia

Polusi adalah masalah yang berkembang di India. Asap dan partikel menyumbat daerah perkotaan negara yang berkembang pesat, dan praktik sanitasi air yang buruk telah menciptakan saluran air beracun. Dalam satu contoh yang mencolok pada tahun 2017, setengah lusin anjing biru cerah terlihat di pinggiran kota Mumbai. Anjing-anjing telah memasuki Sungai Kasadi dekat pabrik industri yang melepaskan pewarna biru langsung ke saluran air. Polusi plastik dan sampah lain juga merusak pantai seperti Marina, kata Mishra kepada AFP.

"Polusi sekarang menjadi ancaman yang lebih besar bagi pantai-pantai India daripada naiknya laut," katanya.

Sangat mengkhawatirkan, ya. [Ayu/NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

23 Jan 2020
23 Jan 2020
22 Jan 2020

Berita Lainnya