Ikan Betina Bisa Kawin dengan Ikan dari Spesies Lain dan Hasilkan Spesies Baru Jika...

Syahroni - Selasa, 03 Des 2019 21:00 WIB

Trubus.id -- Menurut penelitian terbaru yang diterbitkan hari ini di Nature Communications, ikan betina mau dikawini ikan dari spesies lain jika saja warna ikan jantannya cukup menarik atau jika betina tidak dapat melihatnya dengan benar. 'Kesalahan' dalam pilihan pasangan tersebut dapat mengarah pada evolusi spesies baru, demikian ditemukan tim ilmuwan internasional.

Sebelumnya, sekelompok ilmuan mempelajari 2.000 ikan dan menganalisis DNA lebih dari 400 ikan cichlid dari dua danau air tawar di Afrika Timur. Mereka menemukan lebih dari 40 spesies baru di Danau Mweru, yang terbentuk sekitar satu juta tahun yang lalu. Joana Meier, seorang ahli biologi evolusi di St John's College, Universitas Cambridge, dan penulis utama penelitian yang diterbitkan hari ini di Nature Communications mengatakan: "Kami menemukan beragam spesies baru yang beragam secara ekologis - disebut radiasi - yang sebelumnya tidak dikenal. .

"Spesies baru cichlid diadaptasi untuk menggunakan semua sumber makanan yang tersedia di danau. Beberapa memakan larva serangga, yang lain zooplankton atau ganggang. Beberapa ikan yang baru ditemukan adalah predator dengan gigi besar, yang kami namakan 'serranchromines gigi besar'." terangnya lagi.

Banyak orang menganggap ikan adalah spesies yang sama karena mereka semua hidup di air. Tetapi kenyataannya ada 30.000 spesies ikan yang berbeda dan banyak dari mereka sangat berbeda satu sama lainnya. Mengharapkan mereka untuk kawin di luar spesies mereka sendiri seperti mengharapkan kuda kawin dengan kucing karena mereka sama-sama memiliki empat kaki dan ekor.

Catatan fosil menunjukkan ikan telah ada selama lebih dari 500 juta tahun yang membuatnya sangat tua pada skala evolusi. Ada lebih dari 1.300 spesies cichlids dan banyak yang merupakan ikan akuarium populer. Mereka terutama adalah ikan air tawar dan sebagian besar spesiesnya adalah spesies asli Afrika, muncul dalam keanekaragaman yang sangat besar di danau-danau utama Afrika tempat studi 10 tahun ini berlangsung.

Ikan cichlid betina memilih pasangannya dan dalam tes ritual perkawinan di lab, tim ilmuwan internasional menemukan bahwa dalam keadaan tertentu betina akan memilih jantan dari spesies berbeda yang memiliki warna yang sama dengan jantan dari spesies mereka sendiri. Mereka juga menemukan bahwa ketika kondisi cahaya buruk, betina tidak dapat membedakan antara jantan dari spesies mereka sendiri atau dari spesies lain karena mereka tidak dapat melihat warna mereka dengan benar.

Hal inilah yang mereka tentukan terjadi sejuta tahun yang lalu ketika berbagai spesies ikan bercampur ketika Danau Mweru terbentuk, memicu evolusi 40 spesies ikan baru.

"Untuk melakukan diversifikasi ke spesies yang berbeda, ikan cichlid membutuhkan peluang ekologis yang disediakan oleh habitat baru Danau Mweru, terbentuk satu juta tahun yang lalu, yang masih dianggap baru dalam istilah evolusi! Bahwa lebih dari 40 spesies memanfaatkan berbagai sumber makanan dan habitat yang dapat berevolusi dengan sangat cepat adalah hal yang sangat tidak biasa," Meier menjelaskan.

"Ketika Danau Mweru terbentuk, ia menggabungkan garis keturunan cichlid dari Kongo dan Zambezi. Cichlid dari sistem drainase yang berbeda kemudian dikawinkan satu sama lain. Ini bisa terjadi karena ketika danau terbentuk, airnya sangat keruh dan mereka tidak bisa melihat warna dengan benar sehingga betina tidak selektif memilih pasangan di lingkungan baru mereka. Perkawinan antara cichlids dari sistem drainase yang berbeda menghasilkan keturunan yang sangat beragam dengan menggabungkan sifat genetik kedua spesies induk." terangnya lagi.

Apa yang disebut 'keturunan hibrida' dapat memberi makan pada berbagai hal berbeda kepada orang tua mereka dan menyerang habitat baru — seperti berenang ke daerah yang lebih dalam di danau. Tidak jelas apakah semua spesies akan bertahan hidup karena mereka dapat bersaing satu sama lain dan mati.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa hibridisasi dapat memicu evolusi spesies baru yang merupakan temuan yang sangat baru. Hibridisasi secara tradisional dipandang sebagai sesuatu yang buruk karena jika spesies hibridisasi mereka dapat, dari waktu ke waktu, bergabung menjadi satu spesies dan Anda kehilangan keanekaragaman hayati atau kehilangan spesies lokal. Pancur Danau Mweru memberi kami kesempatan langka untuk mempelajari interaksi antara evolusi spesies baru dan menunjukkan bahwa dalam lingkungan baru dengan banyak peluang ekologi hibridisasi dapat menjadi hal yang baik yang benar-benar meningkatkan keanekaragaman hayati." Dr. Meier menjelaskan. [RN]