trubus.id
Toko Trubus Berikan Pelatihan Hidroponik kepada Kayawan DBS Indonesia

Toko Trubus Berikan Pelatihan Hidroponik kepada Kayawan DBS Indonesia

Thomas Aquinus - Selasa, 03 Des 2019 18:00 WIB

Trubus.id -- Tren budi daya hidroponik semakin tumbuh pesat di pemukiman Ibu kota Jakarta. Saat ini hidroponik booming karena dinilai cocok diterapkan pada lahan terbatas di Jakarta. Selain terbatasnya lahan, tren pola hidup sehat juga mendorong pesatnya masyarakat mulai terjun melakukan budi daya hidroponik.

Sebagai Toko pertanian yang berdiri sejak tahun 1983, Toko Trubus terus mengikuti tren perkembangan jaman dengan memberikan pengenalan cara bertanam hidroponik kepada masyarakat. 

Bertempat di Bank DBS Indonesia, Selasa (3/12) Toko Trubus dipercaya memberikan materi Workshop: Intruduction to Hydroponic kepada puluhan karyawan yang tertarik melakukan budi daya hidroponik. 

Baca Lainnya : Toko Trubus Dipercaya Bangun Kebun Cabai di Yonif Mekanis 203/Arya Kamuning

Febri Primandani, Marketing Communication Toko Trubus mengatakan, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, dengan hadirnya teknik pertanian hidroponik merupakan jalan keluar terbatasnya jumlah lahan pertanian. Menurutnya, melakukan budi daya hidroponik dapat mengasah kreativitas untuk mengolah dan menciptakan media baru untuk bercocok tanam.

Dirinya juga menekankan bahwa dibutuhkan pengetahuan dasar dulu agar dalam menerapkan bertanam hidroponik tidak salah langkah agar mendapat hasil yang baik.

“Karena (bertanam) hidroponik itu susah-susah gampang, tantangannya harus mengetahui knowledgenya. Minimal basic knowledgenya. Apa aja alat bahan yang diperlukan, bagaimana cara semai benih yang baik dan benar, perawatan dan panen”, kata Febri kepada Trubus.id.

Disampaikannya bahwa sebagai pemula hal yang harus diperhatikan adalah air nutrisi yang tepat dan dapat terserap dengan sempurna. Hal ini karena dengan memakai metode  hidroponik, maka nutrisi yang didapatkan hanya melalui air nutrisi saja.

Sebagai masyarakat yang tinggal di perkotaan, Febri mengakui peserta workshop hanya mengetahui ilmu hidroponik dari sekedar membaca buku. Namun dengan hadirnya tim Toko Trubus, peserta dapat melihat langsung dan belajar praktek bertanam hidroponik. 

Baca Lainnya : Pembuktian Toko Trubus Rehabilitasi Lahan Gambut di Kebun Raya Sriwijaya, Ini Hasilnya

“Mereka antusias banget karna biasanya cuma beli buku. Karena ada pelatihan gini jadi ingin ikut lagi karena lebih bermanfaat”, ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, dirinya juga menyampaikan, beberapa kelebihan bertanam hidroponik adalah tidak memerlukan lokasi yang luas dan tidak perlu repot. Bahkan dikatakan juga tidak perlu pestisida sehingga kesehatannya dapat terjamin. Selain itu bertanam hidroponik juga dapat memberikan hasil panen yang optimal, bahkan mampu meningkat pertumbuhan tanaman 30-50% lebih cepat. Dan yang penting adalah tidak ada larutan nutrisi yang terbuang percuma karena air dalam sistem hidroponik dapat terus dimanfaatkan.

Febri berharap, dengan pelatihan hidroponik yang diberikan oleh tim Toko Trubus dapat memberikan wawasan baru dan menumbuhkan semangat untuk bertanam walaupun tidak mempunyai lahan. Dirinya juga membuka kepada siapa saja baik lembaga swasta atau instansi pemerintah yang ingin mendapat pelatihan bertanam bisa menghubunginya melalui website Toko Trubus.

“Nah, toko trubus berharap dari pelatihan hidroponik ini orang minimal tertarik buat mencukupi kebutuhan sayurnya secara mandiri (rumah tangganya sendiri)”, pungkasnya. [NN]


 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

05 Des 2019
05 Des 2019
05 Des 2019

Baca Juga

Berita Lainnya