trubus.id
Inilah 5 Ras Anjing Paling Panjang Umur

Inilah 5 Ras Anjing Paling Panjang Umur

Thomas Aquinus - Senin, 02 Des 2019 07:00 WIB

Trubus.id -- Salah satu faktor terberat tentang memiliki anjing adalah harus mengucapkan selamat tinggal, karena umur rata-rata seekor anjing hanya sekitar 10 hingga 13 tahun. Seperti halnya hewan apa pun, diet berkualitas tinggi, banyak olahraga, dan perawatan kesehatan yang sangat baik dapat memaksimalkan usianya. Tapi genetika juga bisa berperan. 

Berikut adalah 10 ras anjing yang dikenal karena umur panjangnya.

Chihuahua

Chihuahua (Foto: Dichvuchomeo) 

Chihuahua adalah salah satu ras anjing yang berumur panjang. Banyak yang hidup melewati 15 tahun, bahkan beberapa dapat hidup selama 20 tahun. Meskipun ukurannya kecil, mereka masih membutuhkan banyak olahraga, stimulasi mental, dan pelatihan. Mereka umumnya sehat, tetapi keturunannya rentan terhadap masalah jantung dan mata.

Dachshund

Dachshund (Foto: Dachshund IVDD) 

Tidak jarang kita dapat menemui Dachshund dengan usia lebih dari 15 tahun. Bahkan, seekor Dachshund bernama Chanel masuk dalam Guinness World Record untuk anjing tertua yang masih hidup. Dia meninggal pada tahun 2011 pada usia 21 tahun. Tapi Dachshund dapat memiliki masalah kesehatan yang berkaitan dengan usia, terutama masalah punggung, yang dapat diperburuk oleh obesitas.

Mainan pudel

Pudel adalah anjing cerdas yang bisa menjadi hewan peliharaan keluarga yang hebat. Tetapi jangan meremehkan energi mereka atau jumlah rangsangan mental yang mereka butuhkan untuk kesibukan mereka. Tidak jarang pudel bisa mencapai usia 18 tahun. Tetapi jenis ini rentan terhadap masalah ortopedi serta gangguan mata.

Jack Russell Terrier

Jack russel (Foto: The Happy Puppy Site) 

Jack Russell Terrier adalah jenis kecil lain yang sering hidup hingga 16 tahun. Seperti Dachshund, seorang Jack Russell juga pernah memegang Guinness World Record untuk anjing tertua yang masih hidup. Willie mencapai 20 tahun sebelum meninggal pada tahun 2014. Jack Russells dibiakkan untuk bekerja, dan mereka mempertahankan dorongan dan energi itu.

Shih Tzu

Shih Tzu yang ramah dan mudah beradaptasi biasanya hidup sampai 15 tahun atau lebih. Anjing-anjing ini dibesarkan untuk menjadi sahabat dan hanya membutuhkan berjalan kaki singkat dan waktu bermain setiap hari. Kecuali jika dipangkas secara teratur, bulu panjang mereka perlu disikat setiap hari. Ras ini umumnya sehat tetapi rentan terhadap masalah ortopedi dan mata. [Ayu/NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020