trubus.id
Terasering Panyaweuyan, Pemandangan Memukau dari Perkebunan Sayur

Terasering Panyaweuyan, Pemandangan Memukau dari Perkebunan Sayur

Hernawan Nugroho - Minggu, 01 Des 2019 16:00 WIB

Trubus.id -- Wisata Terasering Panyaweuyan di Argapura berada di Sukasari Kidul, Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Lokasi tepatnya berada di lereng Gunung Ciremai dengan tinggi kontur yang beragam, mulai dari 400 mdpl hingga 2.000 mdpl.

Sudut kemiringan pada Bukit Panyaweuyan mencapai 25 hingga 40 derajat. Dengan kemiringannya tersebut, para petani di sana memanfaatkannya untuk pertanian dan perkebunan dengan membuat terasering. Tujuannya supaya tidak longsor. Beragam tanaman yang ditanam diantaranya ubi jalar, bawang merah, bawang putih hingga padi.

Baca Lainnya : Unik, Ada Crop Circle Persawahan di Kediri

Ternyata kreasi para petani dalam membuat terasiring menjadikan Bukit Panyaweuyan menjadi terkenal. Dengan bentuk terasering, terlihat lansekap menjadi indah dan tanaman pun aman dari longsor. Terasering Panyaweuyan ini dikenal masyarakat melalui hasil jepretan seorang fotografer yang ikut dalam lomba foto.  Sejak itulah tempat ini menjadi sasaran pencinta wisata alam, baik lokal atau asing.

Untuk menikmati keindahan terasering Panyaweuyan Argapura paling pas saat musim hujan ketika tanaman sedang tumbuh hijau dan segar. Apalagi ditambah dengan pancaran sinar matahari pagi. Untuk itu, Trubus Mania bisa berkunjung di pagi hari, mulai pukul 05.00 WIB hingga 08.00 WIB, sambil menikmati embun pagi nan segar. Atau bisa juga sore hari menjelang matahari terbenam, menikmati hamparan terasering dengan bau khas desa yang menyegarkan.

Untuk menuju lokasi ini, Trubus Mania bisa berkendara dengan sepeda motor ataupun mobil. Dari kota Cirebon bisa mengakses lewat bundaran Cigasong-Maja-Terminal Maja. Kemudian ikuti jalan yang menuju ke Argalingga, hingga di pertigaan Sadasari-Sukasari belok kanan menuju Teja Permana atau Cibunut- Cibuluh.

Bisa juga melalui jalur selatan dari Ciamis di Jalan Rd. A. Kusumadiningrat ke Jl. Nasional III, menuju Jl. Raya Kawali-Panjalu, dan Jl. Cikijing-Panjalu, Jl. Nanggeleng – Cirahayu menuju Jalan Desa Banjaransari. Dari Bandung melalui Tol Purbaleunyi ke jalan Kertajati-Kadipaten/Jl. Jatibarang – Kadipaten di Kabupaten Majalengka, menuju Kertajati/Majalengka/Sumedang .

Baca Lainnya : Nikmati Sandboarding di Pantai Selatan Pulau Jawa, Hanya Dua Lokasi di Dunia

Kondisi jalan menuju lokasi cukup baik tetapi agak menyempit. Untuk mobil harus lebih waspada dengan jalan sempit. Di lokasi ini Trubus Mania bisa menikmati pemandangan ladang yang tersusun rapi dengan udara sejuk khas dataran tinggi sejauh mata memandang.

Editor : System

Berita Terkait

05 Des 2019
05 Des 2019
05 Des 2019

Baca Juga

Berita Lainnya