trubus.id
Restoran di Singapura Ini Membolehkan Pengunjung Membayar Semampunya

Restoran di Singapura Ini Membolehkan Pengunjung Membayar Semampunya

Hernawan Nugroho - Minggu, 01 Des 2019 06:00 WIB

Trubus.id -- Trubus Mania makanan India? Di Singapura, ada restoran makanan India yang dikunjugi banyak orang. Di sana, pengunjung boleh membayar semampunya.

Menurut Cuisine, restoran makanan India yang bernama Annalakshmi ini sudah memberlakukan pembayaran sesuai kemampuan pengunjung sejak 1986. Rupanya ada alasan penting di balik sistem itu. Restoran Annalakshmi di Singapura menyediakan makanan India vegetarian.

Pendiri restoran ini menerapkan filosofi Hindu yang namanya “Atithi Devo Bhava”, atau tamu adalah dewa. Ibaratnya, jika dewa mendatangi rumah seseorang dan makan di sana, pemilik rumah tidak akan memberikan nota  bagi dewa itu.

Baca Lainnya : Beda Menu, Beda Juga Waktu Makan Malam di 8 Negara Ini

Di Annalakshmi, bukan berarti makanan dibagikan secara gratis, hanya saja mereka menyajikan makanan rumahan yang tidak diberi harga. Tujuannya agar orang-orang bisa menikmati makanan yang disajikan di sana tanpa harus khawatir akan mengeluarkan sejumlah uang tertentu.

Ada juga orang yang sengaja membayar lebih banyak dari harga umum, sehingga restoran itu bisa tetap menyediakan makanan bagi banyak orang keesokan harinya.

Wah, pengunjung yang punya kelebihan rezeki juga jadi bisa berbuat kebaikan untuk restoran itu, ya?

(foto: Cuisine)

Rumah makan Annalakshmi ini memiliki konsep buffet atau prasmanan, Trubus Mania. Jadi, kita bisa berkeliling ke konter-konter makanan yang beragam. Nantinya akan ada petugas yang mengambilkan makanan atau bahkan membuatkan makanan langsung di depan pengunjung.

Serunya, kita jadi bisa berinteraksi langsung dengan juru masak masakan India dan bertanya tentang budaya kuliner India. Ini membuat restoran Annalakshmi tidak hanya didatangi oleh orang India di Singapura namun juga turis yang datang ke Singapura.

Baca Lainnya : 7 Makanan Termahal di Dunia, Pernah Icip Salah Satunya?

Awalnya, ada selompok ibu-ibu dari India yang mengumpulkan resep makanan rumahan untuk dijadikan menu di Annalakshmi. Sehingga banyak pengunjung merasa seperti sedang berada di rumah karena makanannya seperti masakan rumah orang India.

Uniknya, banyak juru masak di Annalakshmi yang merupakan relawan, lo. Bahkan, ada relawan memasak di Annalakshmi yang sudah menyumbangkan tenaga selama puluhan tahun.

Jika berkunjung ke Singapura dan ingin mencicipi makanan India vegetarian, jangan lupa ke Annalakshmi, ya!

Editor : System

Berita Terkait

05 Des 2019
05 Des 2019
05 Des 2019

Baca Juga

Berita Lainnya