trubus.id
6 Tips Liburan untuk Pengguna Kursi Roda

6 Tips Liburan untuk Pengguna Kursi Roda

Hernawan Nugroho - Jumat, 29 Nov 2019 11:30 WIB

Trubus.id -- Memiliki keterbatasan fisik seharusnya bukan menjadi penghalang seseorang melakukan aktivitas yang disukainya. Begitu juga dengan para pengguna kursi roda yang seharusnya memiliki kebebasan yang sama untuk melakukan berbagai kegiatan, termasuk liburan. Nah, demi liburan tetap nyaman dan lancar meski menggunakan kursi roda, yuk simak tips dan trik berikut ini.

Menggunakan kursi roda bukan hal yang bisa digunakan sebagai alasan Anda untuk tidak menikmati hidup, salah satunya dengan liburan. Apalagi, saat ini telah banyak tempat serta akomodasi yang ramah terhadap pengguna kursi roda. Berikut adalah tips liburan menurut WorldTrip, yang menyenangkan bagi Anda yang menggunakan kursi roda.

1. Cari tahu informasi tentang lokasi berlibur yang tepat

Melakukan riset mengenai lokasi berlibur memang sangat penting, apalagi bagi Anda yang memiliki keterbatasan akses. Cobalah untuk mencari tahu lokasi liburan mana saja yang menyediakan fasilitas untuk pengunjung yang menggunakan kursi roda.

Usahakan untuk mencari di situs-situs resmi, sebab biasanya situs tersebut yang menyediakan informasi lengkap dan benar mengenai akses untuk pengunjung dengan kebutuhan khusus.

Selain itu, jangan pernah beranggapan bahwa sebagai orang yang menggunakan kursi roda, Anda hanya bisa liburan di tempat-tempat yang membosankan. Kabar baiknya, kini banyak tempat liburan menarik yang juga sudah ramah untuk pengguna kursi roda.

Baca Lainnya : Tips Cegah Gangguan Pencernaan Saat Berwisata

2. Pesan tiket perjalanan

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan transportasi umum, cobalah untuk memesan tiket jauh-jauh hari. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih tenang menjelang hari keberangkatan. PIlihlah tiket liburan yang menyediakan fasilitas untuk Anda yang menggunakan kursi roda.

Hal ini penting karena bukan hanya Anda yang mungkin membutuhkan fasilitas tersebut. Jika Anda menunda-nunda, ada kemungkinan fasilitas yang tersedia telah habis dipesan oleh pengguna kursi roda lainnya, sehingga Anda bisa saja terpaksa menggunakan fasilitas untuk penumpang biasa atau, lebih buruknya, Anda batal berlibur.

3. Pilihlah akomodasi yang nyaman untuk Anda

Saat liburan, akomodasi merupakan salah satu hal yang membutuhkan banyak pertimbangan. Tetapi, untuk Anda yang menggunakan kursi roda, pilihlah akomodasi yang aman. Cobalah untuk memikirkan apa saja kebutuhan Anda jika hendak menginap di sebuah penginapan atau hotel.

Misalnya, Anda membutuhkan tempat tidur dengan tinggi tertentu, toilet duduk dengan posisi tertentu, dan masih banyak lagi. Mempertimbangkan banyak hal ini bukan berarti Anda berlebihan, namun Anda membutuhkannya agar nyaman dan senang selama berlibur.

4. Menggunakan jasa agen travel

Tidak ada salahnya menggunakan agel travel untuk berlibur. Apalagi jika ia dapat membantu menentukan tempat liburan yang cocok untuk Anda yang menggunakan kursi roda. Tetapi, jika Anda ingin menggunakan jasanya, cobalah untuk memilah-milah, mana agen travel yang dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Setidaknya, pilihlah agen travel yang pernah menangani kondisi yang sama, atau memang memiliki spesialisasi membantu orang yang menggunakan kursi roda selama liburan. Dengan begitu, ia akan lebih memahami akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, serta lokasi wisata mana saja yang pas dan aman, serta memiliki akses untuk pengguna kursi roda.

5. Siapkan kebutuhan medis

Apabila Anda harus rutin menggunakan obat-obatan selama liburan, letakkan benda-benda tersebut di tempat yang mudah Anda jangkau, apalagi jika Anda duduk di kursi roda. Apalagi jika Anda liburan tanpa pendamping sama sekali.

Tetapi, berhati-hatilah jika Anda menggunakan obat-obatan tertentu dan harus pergi ke sebuah tempat yang mengharuskan Anda melakukan vaksin terlebih dahulu. Pasalnya, mungkin saja obat yang Anda gunakan dapat memengaruhi penggunaan vaksin di dalam tubuh.

Oleh karenanya, Anda harus memastikan terlebih dahulu kepada dokter Anda. Namun, jika kondisi Anda tidak memungkinkan untuk menggunakan vaksin karena obat-obatan yang harus Anda gunakan, Anda mungkin bisa meminta dokter untuk membuat surat izin. Surat ini bisa Anda gunakan untuk diajukan agar Anda tidak harus menerima vaksin. Tetapi, Anda juga harus menerima konsekuensi apapun yang mungkin terjadi jika Anda tidak menggunakan vaksin tersebut.

Baca Lainnya : Waspadai Gangguan Kesehatan Anak saat Berwisata

6. Jangan terlalu mengkhawatirkan hal yang belum tentu terjadi

Jika Anda ingin liburan, jangan terlalu memikirkan hal-hal buruk yang belum tentu terjadi. Artinya, tetaplah berpikiran positif terhadap liburan yang akan Anda jalani. Karena, meski mungkin tidak akan benar-benar berjalan sesuai rencana, percayalah bahwa selalu ada jalan.

Apalagi, hampir semua orang memiliki naluri untuk membantu orang lain. Jadi, meski Anda liburan sendiri menggunakan kursi roda, pasti ada orang yang akan menolong Anda jika Anda memang benar-benar membutuhkan bantuan. Tinggalkan rasa takut yang menghantui Anda dan cobalah untuk menikmati liburan dengan sepenuh hati.

Editor : System

Berita Terkait

05 Des 2019
05 Des 2019
05 Des 2019

Baca Juga

Berita Lainnya