trubus.id
Masyarakat Lampung Belajar Budi Daya Ikan Lele Gunakan Inovasi Oodev

Masyarakat Lampung Belajar Budi Daya Ikan Lele Gunakan Inovasi Oodev

Thomas Aquinus - Jumat, 29 Nov 2019 10:00 WIB

Trubus.id -- Dinas Perikanan Tulang Bawang Udik Provinsi Lampung melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan siswa SMKN 1 Tulang Bawang Udik mengenai budidaya ikan lele dengan menggunakan inovasi Oodev dari IPB University. Hormon Oodev adalah inovasi dari Dr Agus Oman Sudrajat, dosen dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK).

Kedatangan Tim IPB University disambut oleh Kepala Bidang Perikanan Budidaya Tulang Bawang Udik, Setyono Jati Utomo di Balai Benih Ikan (BBI) Kampung Marga Kencana Kecamatan Tulang Bawang Udik Provinsi Lampung, (25/11). Kegiatan ini dihadiri oleh 32 orang peserta, 13 orang perwakilan dinas perikanan, dan 4 orang penyuluh perikanan.
 
Dr Agus Oman Sudrajat menjelaskan, Oodev ini merupakan salah satu produk yang membuat ikan cepat berkembang biak tanpa menunggu masa kawinnya. “Meskipun diberikan Oodev, ikan tetap melalui proses perkawinan. Namun dengan Oodev ikan akan lebih cepat bunting tanpa menunggu masa kawin. Selain itu, beberapa jenis ikan yang bisa memanfaatkan Oodev yaitu ikan lele, mas, patin, nila, gabus, betok, belut dan udang,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Trubus.id.

Baca Lainnya : Aceh Berhasil Tingkatkan Ekonomi Nelayan Melalui Budi Daya Tiram
 
Dalam kesempatan ini, Setyono Jati Utomo menyampaikan bahwa sosialisasi ini dapat menambah wawasan bagi para masyarakat (pembudidaya) akan potensi perikanan yang tinggi di kampung Marga Kencana Kecamatan Tulang Bawang Udik.
 
“Selain itu, pembudidaya ikan  dapat membentuk suatu kelompok budidaya yang dilaksanakan secara bersama-sama dengan pembagian divisi yang berbeda-beda. Sehingga kegiatan budidaya dapat memberi keuntungan yang lebih besar dari sebelumnya pada setiap pelaku usaha dan memiliki target pasar yang luas,” imbuhnya.

Baca Lainnya : Nelayan di Bangka Barat Dilatih Budi Daya Ikan Air Laut

Harapannya, setelah sosialisasi ini motivasi masyarakat mulai terbangun dengan adanya inovasi Ooodev yang telah diberikan. Sehingga inovasi ini dapat langsung diaplikasikan pada kegiatan budidaya untuk meningkatkan produktivitas tanpa mengkhawatirkan pergantian musim.

Setelah sosialisasi, dilakukan praktek pengaplikasian Oodev pada pakan ikan yang  dibimbing langsung oleh Dr Agus Oman Sudrajat selaku penemuan hormon Oodev tersebut.

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

05 Des 2019
05 Des 2019
05 Des 2019

Baca Juga

Berita Lainnya