trubus.id
Safe Travel Fest 2019, Ayo Bepergian ke Luar Negeri dengan Aman dan Nyaman!

Safe Travel Fest 2019, Ayo Bepergian ke Luar Negeri dengan Aman dan Nyaman!

Binsar Marulitua - Jumat, 29 Nov 2019 08:00 WIB

Trubus.id -- Kementerian Luar Negeri (Kemlu) kembali menyelenggarakan kegiatan Safe Travel Fest, yang diselenggarakan di Mal Kota Kasablanka Jakarta pada 27 November hingga 1 Desember 2019.

Tagline “Stay Safe and Enjoy Your Trip” yang menjadi tema dari kegiatan ini menunjukkan keinginan Kemlu menjadikan Safe Travel Fest 2019 sebagai wadah sosialisasi aplikasi bepergian ke luar negeri secara aman dan nyaman. 

Aplikasi Safe Travel yang telah diluncurkan tahun 2018 merupakan respon Kemlu untuk memberikan sarana pelindungan WNI yang sesuai dengan perkembangan zaman, khususnya kebutuhan travelers terkait aplikasi panduan bepergian ke luar negeri yang up to date dan mudah untuk digunakan.

Safe Travel menyediakan semua informasi yang diperlukan oleh pengguna yang akan ke luar negeri untuk berbagai keperluan: wisata, belajar, bekerja, hingga haji dan umroh. Informasi tersebut meliputi situasi keamanan, imigrasi, hukum setempat, kesehatan, lokasi KBRI terdekat, dan tempat ibadah,” ungkap Judha Nugraha, Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu.

Baca Lainnya : Tim Kesenian Kesatuan Bangsa Boarding School Yogyakarta Raih Penghargaan Tertinggi di Rusia

Selain berbagai informasi penting tersebut, pengguna Safe Travel juga dapat meminta bantuan kepada KBRI/KJRI terdekat dalam situasi darurat. Safe Travel menyediakan fitur tombol darurat dimana pengguna dapat terhubung langsung dengan petugas KBRI/KJRI terdekat. 

Judha Nugraha juga menjelaskan bahwa pelindungan WNI di luar negeri merupakan tugas semua anak bangsa baik pemerintah maupun non pemerintah. Oleh karena itu, Kemenlu mengapresiasi pihak-pihak non pemerintah yang turut berkomitmen untuk mengampanyekan perjalanan ke luar negeri yang aman bagi penggunanya.

Kemlu akan terus melakukan kolaborasi dengan pihak-pihak yang peduli dengan keselamatan WNI di luar negeri. 

Safe Travel Fest 2019 yang berlangsung selama lima hari ini menghadirkan banyak pihak yang berkaitan dengan perjalan ke luar negeri seperti travel influencers, asosiasi agen perjalanan umrah, hingga kedutaan asing, dengan tema-tema talk show yang tidak kalah menarik seperti kebijakan visa negara asing, jasa titipan (jastip), literasi keuangan untuk traveling, studying abroad, traveling for women, umrah dan haji, dan isu-isu menarik lainnya seputar berpergian ke luar negeri yang aman dan nyaman. 

Baca Lainnya : Pekerja Migran Indonesia Dilatih Menanam Hidroponik di Brunei Darussalam

Pelindungan WNI tetap menjadi salah satu prioritas politik luar negeri Indonesia. Sebagai salah satu bentuk tindak lanjut pemerintah dalam melaksanakan prioritas tersebut, kolaborasi antara Kemlu dengan pihak-pihak lainnya dalam kegiatan Safe Travel Fest 2019 diharapkan dapat menjadi wujud konkret dari #NegaraMelindungi, yaitu pelindungan bagi seluruh WNI yang ingin bepergian ke luar negeri, baik dari segi keamanan diri maupun keamanan finansial. Stay safe, and enjoy your trip!
 

Editor : Binsar Marulitua

Berita Terkait

05 Des 2019
05 Des 2019
05 Des 2019

Berita Lainnya