Life » Spesies Invasif Siap Mengeksploitasi Perubahan Ikl...
Spesies Invasif Siap Mengeksploitasi Perubahan Iklim di Antartika

Syahroni - Kamis, 28 Nov 2019 21:30 WIB

Trubus.id -- Di bagian kecil Antartika tempat salju mencair pada musim semi, lumut dan rumput tumbuh bersama lalat, tungau dan koloni mikro-organisme yang telah memberi makan dan bereproduksi selama jutaan tahun. Keanekaragaman hayati yang kaya dijaga oleh keseimbangan kuno yang dingin ekstrem dan isolasi massa daratan yang dikelilingi oleh arus lautan yang kuat.

Tetapi para ilmuwan berpendapat dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada hari Rabu (27/11) bahwa perubahan iklim akan membuatnya lebih mudah bagi spesies invasif untuk membangun diri mereka sendiri, meskipun benua itu memanas pada kecepatan yang lebih lambat daripada bagian lain dari planet ini.

"Perubahan iklim mengurangi hambatan untuk masuk, sehingga membuatnya kurang stres ... dan mengurangi masalah pembentukan," kata pakar Survei Antartika Inggris Peter Convey, yang ikut menulis penelitian yang dipublikasikan di Science Advances seperti dilansir dari AFP.

Baca Lainnya : Ilmuan Buktikan Bahwa Manusia Adalah Penyebab Mencairnya Lapisan Es Antartika Barat

Antartika adalah rumah bagi spesies yang dapat berkumpul dalam kepadatan lebih besar daripada yang terlihat di daerah beriklim sedang atau tropis, kata Convey, menunjuk ke arthropoda mikroskopis yang dikenal sebagai Collembola, satu juta di antaranya dapat diperas menjadi satu meter persegi.

Ribuan peneliti dan 50.000 turis yang mengunjungi benua terpencil itu setiap tahun berisiko mengganggu keseimbangan ini, dengan membawa kehidupan tanaman dan serangga. Satu jenis rumput, Poa annua, telah berhasil mengukir tempat berpijak di beberapa pulau, sementara manusia membawa serta dua spesies lalat.

Beberapa spesies berhasil terbang atau tiba dengan cara alami lainnya dari ujung Amerika Selatan sekitar 600 mil (1.000 kilometer) jauhnya, tetapi para migran ini tidak berhasil membangun diri secara permanen.

"Intinya adalah bahwa manusia membawa 99 persen dari [spesies invasif] dan mereka jauh melebihi proses alami," kata Convey, yang dapat menyebutkan sekitar 100 spesies yang telah tiba di Antartika dalam dua abad terakhir.

Baca Lainnya : Dulu Antartika Penuh dengan Pohon, Ini Buktinya

Pada tingkat pemanasan saat ini, area tanah bebas es di semenanjung Antartika, di barat, akan meningkat 300 persen pada abad berikutnya. Itu berarti setiap spesies invasif akan memiliki lebih banyak tanah untuk dijajah, kata ilmuwan.

Dengan lebih banyak tanah dan lebih banyak air yang tersedia berkat es yang mencair, kehidupan kemungkinan akan meledak dan persaingan untuk sumber daya antar spesies akan meningkat. Rumput akan bertarung melawan lumut, spesies lalat lokal akan berhadapan dengan penjajah. Efek pastinya sulit diprediksi dengan tepat.

Perjanjian Antartika tahun 1959 memberikan perlindungan bagi lingkungan benua.

Dan sementara debat saat ini berfokus pada pencairan es, para penulis laporan Rabu memperingatkan bahwa aktivitas manusia lainnya "terutama eksploitasi laut historis, perubahan penggunaan lahan, dan invasi biologis, pada kenyataannya, cenderung (terus) memiliki jauh lebih besar dampak langsung pada ekosistem Antartika daripada perubahan iklim saja. "