trubus.id
Ini Dia Lokasi di Indonesia untuk Melihat Lumba-Lumba di Habitatnya

Ini Dia Lokasi di Indonesia untuk Melihat Lumba-Lumba di Habitatnya

Hernawan Nugroho - Rabu, 27 Nov 2019 22:00 WIB

Trubus.id -- Lumba-lumba adalah salah satu hewan yang bersahabat dengan manusia. Di laut, lumba-lumba, suka mendekati kapal yang dinaiki manusia, Trubus Mania. Kita bisa melihat lumba-lumba dari dekat di beberapa perairan di Indonesia.

Ini dia tempatnya menurut Travelingyuk :

1. Pantai Lovina

Pantai Lovina yang ada di Buleleng, Bali, memang dikenal akan pemandangan kawanan lumba-lumba yang sering melewati laut. Pada saat tertentu, lumba-lumba yang terlihat dari Pantai Lovina bisa ratusan jumlahnya. Lumba-lumba di sana biasanya terlihat di pagi hari, sekitar pukul 06.00 WITA.

Baca Lainnya : Jokowi Petakan 6 Kendala Pengembangan Destinasi 10 Bali Baru

2. Pulau Merah

Di Jawa Timur juga ada perairan yang dilewati oleh kawanan lumba-lumba di alam liar, yaitu Pulau Merah di Banyuwangi. Lumba-lumba memiliki jalur migrasi yang melewati laut di Pulau Merah itu. Selain melihat lumba-lumba, ada banyak orang berselancar di sana.

3. Teluk Kiluan

Salah satu perairan Indonesia yang juga dilewati lumba-lumba adalah Teluk Koluan. Teluk Kiluan ini ada di Desa Kiluan Negeri, Kelumbayan, Tanggamus, Lampung.

Sama seperti di Pantai Lovina, melihat lumba-lumba di Teluk Kiluan juga sebaiknya dilakukan di pagi hari. Lumba-lumba juga lebih terlihat saat cuaca baik. Jika ombak sedang tidak tenang, lumba-lumba jarang nampak dan hanya terlihat siripnya saja dari permukaan air.

4. Wakatobi

Dikenal memiliki pemandangan bawah laut yang indah, Trubus Mania juga bisa melihat pemandangan lumba-lumba di perairan Wakatobi. Selain lumba-lumba, kita jga bisa melihat ikan-ikan lainnya yang hidup di terumbu karang di Wakatobi dengan menyelam.

Baca Lainnya : Manusela, Surga Ratusan Jenis Burung di Kepulauan Maluku

5. Laut Banda

Kawanan lumba-lumba juga kadang terlihat di wilayah Indonesia Timur, yaitu di Laut Banda. Di sana, lumba-lumba suka berenang di dekat kapal nelayan dan tidak takut muncul ke permukaan.

6. Derawan

Tempat lain yang memiliki pemandangan laut indah, termasuk kawanan lumba-lumba adalah Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur. Di sana, lumba-lumba juga suka berenang mendekati manusia, seperti wisatawan yang menaiki speed boat di laut.

Editor : System

Berita Terkait

05 Des 2019
05 Des 2019
05 Des 2019

Baca Juga

Berita Lainnya