trubus.id
IPB University Ungkap Asyiknya Belajar Kelola dan Jaga Lingkungan Perairan

IPB University Ungkap Asyiknya Belajar Kelola dan Jaga Lingkungan Perairan

Thomas Aquinus - Rabu, 27 Nov 2019 20:00 WIB

Trubus.id -- Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (Himasper FPIK), IPB University menjadi wadah pengembangan minat, bakat dan potensi mahasiswa di bidang manajemen sumberdaya perairan.  Banyak kegiatan menarik yang dilakukan organisasi ini.

“Asyik banget! Karena kita bergerak di bidang lingkungan. Kita sering jalan ke lapangan. Juga sering berkunjung ke kementerian, perusahaan-perusahaan swasta, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) terkait lingkungan untuk bekerja sama dalam kegiatan yang kita adakan,” ujar Rafialwan selaku Ketua Umum Himasper FPIK IPB University tahun 2018/2019.

Secara umum, program kerja yang sudah dilakukan Himasper FPIK IPB University tahun 2018/2019 ada tiga yaitu Festival Air 2019, Fieldtic (Fieldtrip Aquatic), dan Career Development Training (CDT). Ketiga kegiatan tersebut terdiri dari beberapa kegiatan menarik yang mengeksplorasi dan mengelola sumberdaya perairan.

Baca Lainnya : IPB University Gagas Kelurahan Situ Gede Menjadi Lokasi Wisata Pertanian Kota

Festival Air 2019 terdiri dari Green Belt Conservation (GBC) dan Seminar Festival Air 2019. Kegiatan GBC dilaksanakan di Pesisir Desa Patra Manggala, Kabupaten Banten dengan kegiatan utama berupa penanaman 7500 mangrove dan Focus Group Discussion (FGD) dengan masyarakat setempat mengenai pengelolaan yang tepat untuk mangrove yang ada di Pesisir Desa Patra Manggala.  Output dari kegiatan tersebut adalah adanya rekomendasi pengelolaan mangrove diberikan kepada masyarakat setempat.

(Foto: IPB University)

Seminar Festival Air 2019 digelar dengan tema Aquatic Life Conservation for Indonesia 4.0 dengan mengajak generasi milenial untuk mengetahui peran yang dapat dilakukan dalam menjaga lingkungan perairan di era 4.0 sekarang ini.  

Sementara Fieldtic (Fieldtrip Aquatic) terdiri dari FGD dan Ciliwung Care Day (CCD). Kegiatan FGD dilakukan dengan beberapa organisasi kemahasiswaan yang sadar tentang pentingnya menjaga lingkungan untuk turun di acara CCD. Kegiatan CCD adalah bentuk bakti Himasper FPIK IPB kepada masyarakat dalam menggemakan pentingnya menjaga dan merawat lingkungan perairan di Sungai Ciliwung, Kedung Badak, Bogor.

Baca Lainnya : IPB University dan Pemda Kota Cimahi Lakukan Kerja Sama Kembangkan Urban Farming

“Kita melakukan sosialisasi dan berbagi ilmu dengan masyarakat yang tinggal di sekitar Sungai Ciliwung, Kedung Badak. Penanaman pohon langka dan aksi bersih Sungai Ciliwung juga dilakukan.  Selain itu, kita juga menerapkan ilmu yang diperoleh di bangku perkuliahan dengan melakukan pengecekan kualitas air Sungai Ciliwung,” tutur Rafialwan.

(Foto: IPB University)

Kegiatan CDT terdiri dari empat kegiatan yaitu pelatihan penulisan esai dan opini, pelatihan penggunaan sistem aplikasi ArcGIS, pelatihan penanganan mamalia terdampar, serta pelatihan sampling air. Pelatihan-pelatihan ini bermanfaat untuk meningkatkan softskill dan hardskill mahasiswa MSP. Penerapannya di kehidupan masyarakat sangat dibutuhkan dalam mengelola sumberdaya perairan yang ada.  

“Mahasiswa MSP sudah memperoleh banyak ilmu pengelolaan sumberdaya perairan di bangku perkuliahan. Namun, kemampuan mahasiswa MSP dalam mengelola sumberdaya perairan perlu diasah lagi melalui pelatihan-pelatihan seperti ini,” ungkap salah satu mahasiswi MSP FPIK IPB, Annisa Dinulislam.

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

31 Mar 2020
31 Mar 2020
31 Mar 2020

Baca Juga

Berita Lainnya