trubus.id
Kemendag dan Sekda Gelar Rapar Koordinasi Jaga Harga dan Ketersediaan Bapok di DKI Jakarta Jelang Natal dan Tahun Baru

Kemendag dan Sekda Gelar Rapar Koordinasi Jaga Harga dan Ketersediaan Bapok di DKI Jakarta Jelang Natal dan Tahun Baru

Astri Sofyanti - Rabu, 27 Nov 2019 14:30 WIB

Trubus.id -- Kementerian Perdagangan (Kemendag), Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), hingga BUMD melakukan rapat koordinasi daerah (Rakorda) menjelang Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Balaikota, Jakarta, Rabu (27/11).

Menjelang Natal dan Tahun Baru, sejumlah harga barang kebutuhan pokok (bapok) di DKI Jakarta seperti daging ayam ras dan bawang merah mengalami kenaikan harga. Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan Srie Agustina menyebut harga daging ayam ras naik 2,8 persen menjadi Rp34.000 per kilogram (kg) sementara bawang merah naik 21,53 persen menjadi Rp27.649 per kg.

“Kondisi ini merupakan penyesuaian harga masing-masing komoditi menuju tingkat wajar sesuai dengan harga acuan, yakni bawang merah seharga Rp32.000 per kg dan daging ayam Rp34.000 per kg,” kata Srie Agustina di Balaikota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (27/11).

Menurut Srie secara umum harga bapok bulan November relatif stabil jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Sementra untuk pasokan barang kebutuhan pokok, dirinya mengungkapkan saat ini masih aman.

Lebih lanjut diakui Srie, untuk pasokan cabai, sejumlah wilayah yang menjadi pemasok cabai di Jakarta seperti Pasar Kramat Jati akan menambah pasokan cabai sebanyak lima ton setiap hari.

“Pasokan cabai di Pasar Kramat Jati sekarang rata-rata berada di kisaran 30 ton, tapi ada rencana menambah pasokan lima ton per hari,” tambahnya.

Untuk mengantisipasi kelangkaan pasokan dan naiknya harga barang kebutuhan pokok di Jakarta, Kementerian Perdagangan akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

“Kita lakukan rapar koordinasi dengan para Kepala Dinas Provinsi untuk memastikan dan mengantisipasi kecukupan pasokan sehingga harga-harga stabil,” pungkasnya.

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

21 Feb 2020
21 Feb 2020
20 Feb 2020

Berita Lainnya