trubus.id
Inilah Burung Paling Berisik di Dunia, Coba Dengar Suaranya

Inilah Burung Paling Berisik di Dunia, Coba Dengar Suaranya

Thomas Aquinus - Selasa, 26 Nov 2019 08:04 WIB

Trubus.id -- Kicau burung sering dianggap sebagai suara yang menenangkan, menyejukkan dan hampir seperti nyanyian - tetapi untuk burung bellbird putih (Procnias albus), tidak ada yang menenangkan tentang suara memekakkan telinga yang keluar dari tubuh kecil mereka.

Bellbird putih, ditemukan di Guiana, Brasil dan Venezuela, dikenal sebagai burung paling berisik di dunia, dan suara yang mereka buat bisa sangat mengejutkan. Digunakan sebagai panggilan kawin, tangisan mereka terdengar lebih seperti alarm kebakaran daripada kicauan burung, dan dapat mencapai hingga 125 desibel, tingkat yang sama dengan sound konser yang sangat keras.

Berikut video yang menampilkan suara bellbird yang berisik itu. 

Bellbird putih jantan biasanya menggunakan panggilan yang sangat keras ini ketika ada betina bertengger di sebelahnya. Pada jarak itu, panggilan mereka berpotensi memekakkan telinga, jadi mereka akhirnya justru mengusir si betina itu. Para betina mentolerir panggilan keras untuk menilai pasangan potensial, tetapi tidak bisa bertahan terlalu lama karena takut akan kerusakan pendengaran - jelas bukan cara yang ideal untuk mendapatkan kencan, ya.

Para ilmuwan telah menghabiskan cukup banyak waktu mempelajari burung-burung ini dan bagaimana mereka dapat melakukan panggilan yang keras, seperti pada awalnya, mereka agak terheran-heran dengan siksaan (suara) itu.

Baca Lainnya : Burung Kutilang Hitam Sabet Gelar 'Bird of the Year' Australia 2019

"Dalam bellbird putih kita dapat melihat bahwa sebelum bernyanyi burung menelan udara, sehingga menggembungkan tenggorokan mereka, dan membuka paruh mereka secara luas," kata sebuah studi di Current Biology.

Panggilan burung tidak seperti suara lain di luar sana. Bayangkan berjalan bersama dan mendengar seekor burung kecil yang bersuara sekeras itu - itu pasti bukan suara yang Anda harapkan!

Selamat atas gelar "burung (dengan suara) paling keras di dunia", bellbird! You’ve definitely earned it. [Ayu/NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

28 Feb 2020
28 Feb 2020
28 Feb 2020

Baca Juga

Berita Lainnya