trubus.id
Manfaat Mindful Eating untuk Keberhasilan Diet

Manfaat Mindful Eating untuk Keberhasilan Diet

Thomas Aquinus - Minggu, 24 Nov 2019 21:00 WIB

Trubus.id -- Banyak orang mencoba menurunkan berat badan hanya dengan mengandalkan diet dan rangkaian latihan kebugaran, tetapi mereka mengabaikan faktor psikologis yang dapat menjaga rutinitas berkelanjutan.

Sama seperti faktor fisik, psikologi bisa menjadi faktor besar dalam keberhasilan diet ketika dikelola dengan baik. Sebuah kesadaran atau yang disebut mindful, dapat membuat kita lebih memerhatikan asupan apa yang kita makan dan mengontrol jumlahnya. 

Seperti dikutip dari Dailystar, psikolog Helen McCarthy mengatakan dalam bukunya How to Retrain Your Appetite bahwa pendulum nafsu makan dimulai dari nol, yang menunjukkan bahwa tingkat kelaparan netral. Pendulum berubah menjadi minus saat seseorang lapar dan menjadi plus saat makan.

Baca Lainnya : Kenali Asupanmu, Ini 4 Jenis Makanan Fungsional yang Wajib ada Dalam Rencana Diet

Dia menyarankan agar kita mulai makan hanya ketika bandul berayun ke minus tiga atau "benar-benar lapar", dan harus berhenti di plus tiga atau "hanya kenyang".

"Banyak dari kita makan terlalu banyak baik karena kita menikmati makanan dan tidak ingin berhenti, atau kita makan tanpa berpikir. Pendulum Nafsu makan pada dasarnya mengajarkan orang untuk berhenti makan ketika mereka kenyang, yang sangat penting bagi makan sehat, ”katanya.

Dia juga mengatakan bahwa diet yang membuat orang mengubah kebiasaan makan mereka secara dramatis tidak berkelanjutan dan memiliki risiko kegagalan yang lebih tinggi.

Lebih baik, katanya, untuk tidak meninggalkan makanan yang kita cintai dan sebaliknya hanya mempertahankan kebiasaan makan yang penuh perhatian.

Baca Lainnya : Para Peneliti Ungkap, Diet Ketogenik Efektif Membantu Jinakkan Virus Flu

McCarthy mengatakan penting untuk mendengarkan tubuh kita untuk mengetahui nutrisi apa yang dibutuhkan. Orang-orang yang melakukan diet juga harus merencanakan makanan mereka di awal berdasarkan pada berapa lama sampai makan atau camilan berikutnya.

"Jika akan ada beberapa jam sampai makan berikutnya, pilihlah sesuatu yang akan dicerna dengan cepat, buah atau sayuran mentah atau sepotong roti panggang, misalnya, akan memungkinkan Anda cepat lapar," katanya.

Jika masih memiliki beberapa jam hingga asupan makanan berikutnya, disarankan untuk memilih sesuatu yang akan membuat kamu merasa lebih kenyang.

"Jika perlu beberapa jam, cari makanan dengan protein, serat, dan lemak untuk membuat Anda tetap hidup. Seperti telur orak-arik atau rebus atau yoghurt dengan buah, kacang-kacangan dan biji-bijian untuk sarapan jika itu akan menjadi waktu yang lama sampai makan siang, ”katanya. [Ayu/NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

13 Agu 2020
07 Agu 2020
04 Agu 2020