Penelitian Ini Ungkap Cara Menghitung Umur Anjing yang Sebenarnya

Thomas Aquinus - Minggu, 24 Nov 2019 07:00 WIB

Trubus.id -- Para peneliti membuat persamaan baru untuk menghitung usia anjing di tahun manusia. Dan perhitungannya tidak sederhana. Sebuah mitos pun telah dibantah. Persamaan baru didasarkan pada perubahan kimiawi pada DNA anjing. "Mamalia berkembang melalui tahap fisiologis yang sama selama hidup, dari perkembangan awal hingga pubertas, penuaan dan kematian," tulis sekelompok peneliti dalam sebuah studi baru yang belum diterbitkan dalam jurnal peer-review.

Tetapi tidak jelas apakah anjing, manusia dan mamalia lain juga mengalami perubahan molekuler yang sama dalam tubuh pada tingkat yang sama. Jadi para peneliti dalam studi baru melihat metilasi DNA, lampiran dari kelompok tiga hidrogen dan satu karbon (kelompok metil) ke bagian-bagian molekul DNA, yang dapat berfungsi sebagai tanda penuaan.

Pada manusia, laju metilasi DNA cenderung meningkat seiring bertambahnya usia dan berfungsi sebagai "jam epigenetik" atau cara untuk memprediksi usia seseorang; Para ilmuwan sebelumnya bisa mengetahui usia donor darah dengan melihat jumlah metilasi dalam DNA mereka. Demikian pula, para peneliti telah menemukan bahwa spesies lain, termasuk anjing, juga mengalami metilasi DNA.

Baca Lainnya : Langka, Anak Anjing Ini Miliki Ekor yang Tumbuh di Dahinya

Dalam studi baru ini, kelompok tersebut menganalisis DNA, termasuk metilasi, dalam sampel darah yang diambil dari sekitar 100 anjing, sebagian besar Labrador retriever, dari yang berumur lebih dari sebulan hingga 16 tahun. Para peneliti membandingkan hasil mereka dengan "profil metilasi" yang diterbitkan sebelumnya dari 320 orang dari usia 1 dan 103.

Hasil menunjukkan bahwa metilasi berlangsung kira-kira dengan cara yang sama pada anjing seperti pada manusia; jumlah metilasi pada anjing muda menyerupai pada manusia muda, dan jumlah pada anjing tua mirip dengan pada manusia tua.

Baca Lainnya : Hindari, Hukuman Bisa Membuat Anjing Anda jadi Lebih Pesimis

Para peneliti menemukan bahwa 8 minggu pada anjing berhubungan dengan 9 bulan pada manusia, ketika kedua spesies mulai tumbuh gigi kecil. Masa hidup rata-rata dari jenis retriever 12 tahun, sesuai dengan harapan hidup manusia di seluruh dunia, yaitu 70 tahun. Tetapi untuk anjing remaja dan dewasa, hubungan itu "lebih mendekati," tulis para peneliti. Anjing remaja dan dewasa berumur sedikit lebih cepat dibandingkan dengan manusia remaja dan dewasa. Tetapi ketika anjing mendekati akhir masa hidup mereka, tingkat penuaan atau metilasi berbaris lagi dengan manusia yang lebih tua.

Jadi, para peneliti menghasilkan persamaan untuk menggambarkan hubungan ini: 16 x ln (usia anjing) +31. Dengan kata lain, ambil log natural dari umur anjing, kalikan 16 dan kemudian tambahkan 31.

Tentu saja, ini dihitung berdasarkan jenis tunggal, dan jenis lain memiliki tingkat penuaan yang berbeda, catat para penulis. Diperlukan lebih banyak penelitian yang menganalisis metilasi untuk mengetahui umur berbagai ras - dan hewan yang berbeda, catat mereka. [Ayu/NN]