trubus.id
LPPM IPB University Bantu Permasalahan Pertanian di Desa Ringginanyar Kabupaten Blitar

LPPM IPB University Bantu Permasalahan Pertanian di Desa Ringginanyar Kabupaten Blitar

Thomas Aquinus - Sabtu, 23 Nov 2019 23:00 WIB

Trubus.id -- IPB University mulai menempatkan fasilitas Stasiun Lapang Agro Kreatif (SLAK) Lembaga Penelitian Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University di Desa Ringginanyar Kabupaten Blitar, Jawa Timur untuk mengidentifikasi permasalahan pertanian yang ada di desa tersebut.

Tim LPPM IPB University yang dipimpin oleh Wakil Kepala LPPM Bidang Pengabdian kepada Masyarakat, Prof Sugeng Heri Suseno tiba di Kantor Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar dan disambut baik oleh Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Drh Adi Andika, MSi, Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan, Drh Yuda Satya Wardhana, dan Kepala dinas Pertanian dan Pangan Ir Wawan beberapa waktu lalu.

“Fasilitator yang ditempatkan, diharapkan mampu mengidentifikasi permasalahan yang sedang terjadi di desa Ringginanyar khususnya peternak unggas dan komoditas pertanian seperti cabai, telur, terong dan tomat. Selain itu, fasilitator diharuskan untuk membuat pakan ternak yang berbahan dasar lokal yang mudah diperoleh," ujar  Prof Sugeng.

Baca Lainnya : Dosen IPB University Promosikan Daya Saing Pertanian Indonesia di Australia Awards Indonesia

Ia menambahkan dosen yang kepakaranya di bidang pakan ternak seperti Prof Dr Sumiati akan memberikan pemahaman dan pengetahuan yang berhubungan dengan pakan ternak. Sedangkan dosen yang kepakarannya di bidang pangan seperti Dr Prayoga Suryadarma akan memberikan pemahaman dan pengetahuan yang berhubungan dengan olahan pangan.

“Bidang pertanian khususnya pengolahan pasca panen, fasilitator diharuskan dapat membuat produk turunan dari telur, cabai, tomat, dan terong yang dapat meningkatkan nilai tambah serta menjadi alternatif pengolahan lain saat panen raya,” imbuhnya

Sementara Adi Andika memberikan apresiasi terhadap LPPM IPB University atas kegiatan SLAK yang dilakukan di Kabupaten Blitar.

Baca Lainnya : Menteri Edhy Minta Saran IPB Terkait Polemik Penggunaan Alat Tangkap Nelayan

Ia menyampaikan, kegiatan SLAK akan sangat membantu para petani dalam meningkatkan produktivitas di sektor pertanian. “Kami sudah berkoordinasi dengan Kepala Desa Ringginanyar terkait penempatan fasilitator SLAK LPPM IPB University ke lokasi tersebut. Harapannya fasilitator seluruh program yang akan dijalankan dapat terlaksana dengan baik," ujarnya.

Tim LPPM IPB University selanjutnya menuju ke lokasi tujuan yaitu Desa Ringginanyar dan bertemu dengan Kepala Desa Ringginanyar, Pangat dan Abdul muis SPd sebagai Sekretaris Desa Ringginanyar.

Pangat, dalam diskusi dengan Tim LPPM IPB University  menyampaikan, masyarakat Desa Ringginanyar sebagian besar berprofesi sebagai peternak dan petani. Komoditas peternakan yang dibudidayakan yaitu sapi, kambing, bebek dan ayam. Sedangkan komoditas pertaniannya yaitu cabai, tomat, terong, jagung, timun dan paria. Keberadaan fasilitator  IPB University diharapkan mampu memberikan inovasi bagi Desa Ringginanyar khususnya dalam bidang pakan dan olahan hasil pertanian. 

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

31 Mar 2020
31 Mar 2020
31 Mar 2020

Baca Juga

Berita Lainnya