trubus.id
Jangan Salah Kaprah, Inilah Beberapa Fakta Soal Gula Kelapa

Jangan Salah Kaprah, Inilah Beberapa Fakta Soal Gula Kelapa

Thomas Aquinus - Sabtu, 23 Nov 2019 11:00 WIB

Trubus.id -- Akuilah, mungkin Trubus Mania adalah salah satu yang masih bingung membedakan gula kelapa/gula palem dengan gula aren. Gula kelapa ternyata sangat berbeda dengan gula aren, loh. Material bahan dasar pembuatannya saja sudah berbeda. Gula kelapa dibuat dari nira pohon kelapa, sedang gula aren terbuat dari nira pohon aren (pohon kolang-kaling). Teksturnya pun berbeda. Jika gula aren berbentuk padat dan dicetak bulat silinder, gula kelapa bertekstur terurai seperti gula pasir biasa. 

Akhir-akhir ini, gula kelapa telah menjadi buah bibir karena konon bisa menjadi alternatif yang sehat untuk pemanis lainnya. Mitos atau fakta?

Sisi baiknya, gula kelapa memang datang dengan banyak nutrisi yang terkait dengan buah kelapa itu sendiri - zat besi, seng, kalsium dan sebagainya. Ini juga mengandung antioksidan dan polifenol. Namun, jika nutrisi yang kamu cari, kamu akan jauh lebih baik mencari sumber yang sebenarnya, daripada mencoba menemukannya dalam pengganti gula. Gula kelapa juga kaya serat, dan memperlambat penyerapan glukosa, karena fakta bahwa ia memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada gula lainnya (35).

Sisi lain, gula kelapa kaya akan fruktosa, yang tidak membuatnya ideal untuk orang-orang yang berusaha menghindari kelebihan pemanis yang dapat menyebabkan diabetes, obesitas, gangguan jantung, dan sebagainya. Jadi, jika ingin menjadikannya pengganti yang baik untuk gula reguler, kamu harus mengonsumsinya dalam jumlah sedang, bukan sebagai makanan ringan atau makanan yang utama, ya. [Ayu/NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

07 Sep 2020
31 Agu 2020
28 Agu 2020