trubus.id
Tak Hanya untuk Kulit, Ini 5 Manfaat Air Beras untuk Kesehatan Rambut

Tak Hanya untuk Kulit, Ini 5 Manfaat Air Beras untuk Kesehatan Rambut

Thomas Aquinus - Kamis, 21 Nov 2019 07:10 WIB

Trubus.id -- Perempuan Asia diketahui sejak lama telah memanfaatkan air beras untuk merawat kecantikan kulit. Kandungan vitamin B1, vitamin C, vitamin E, mineral, antioksidan, serta ferulic acid dan allatoin dalam air beras mampu berfungsi sebagai antiinflamasi atau antiperadangan.

Begitu banyak pula produk kecantikan yang menggunakan air beras sebagai bahan dasar karena ragam kandungan di dalamnya. Tak hanya bagi kulit, ternyata air beras juga bermanfaat untuk rambut, loh. Yuk, simak apa saja manfaat kandungan air beras untuk mendapatkan rambut sehat dan indah.

Membantu merangsang pertumbuhan rambut 

Selain mengusahakannya dari dalam dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein, vitamin E, dan omega 3, Trubus Mania juga dapat merawat rambut dengan air beras untuk meningkatkan pertumbuhan rambut secara alami. Caranya gampang, setelah keramas dengan sampo, bilas lagi rambut dengan air beras. Untuk hasil optimal, lakukan langkah ini setidaknya 2 minggu sekali. 

Baca Lainnya : Beras yang Ditanak Tanpa Kulit, Kandungan Arseniknya jadi Lebih Rendah

Membantu mengurangi rambut bercabang 

Rambut bercabang biasanya muncul karena rambut yang kering sehingga ujungnya pecah atau patah dan tumbuh menjadi dua bagian. Rendam bagian ujung rambut pada tampungan air beras dan biarkan selama 15 menit. Setelahnyam bilas bagian ujung rambut tersebut dari sisa-sisa air beras. Dengan beragam kandungan bermanfaat yang ada pada air beras, tekstur rambut akan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Membuat rambut lebih bervolume

Trubus mania bisa menambah volume pada rambut dengan cara yang sama seperti untuk merangsang pertumbuhan rambut. Untuk hasil optimal, cara alami seperti ini dapat dilakukan selama tiga kali seminggu. 

Baca Lainnya : 4 Alasan Memilih Beras Merah untuk Diet

Membantu rambut lebih berkilau 

Mengutip laman Glitzmedia, air beras dapat digunakan untuk membuat rambut lebih indah dan berkilau. Caranya dengna mencampur air beras dan air mawar. Bilas kombinasi air ini pada rambut, kemudian tutupi dengan shower cap dan diamkan selama 20 menit. Buka shower cap lalu bilas kembali dengan air bersih hingga sisa dari air beras dan air mawar tersebut hilang. 

Membantu singkirkan ketombe 

Kulit kepala kotor dan berminyak selain dapat menimbulkan rasa gatal juga dapat membuat ketombe muncul. Sementara, masalah kutu rambut yang terkadang mengganggu si Kecil seringkali membuat bingung. 

Ternyata, dua masalah rambut ini bisa diatasi dengan air beras. Caranya, basahi kulit kepala hingga seluruh rambut dengan air beras. Kemudian biarkan selama beberapa menit, kemudian bilas sampai bersih. Kandungan pati yang ada dalam air beras dipercaya dapat mencegah ketombe serta membunuh kutu beserta telur yang bersarang di rambut. Patut dicoba! [Ayu/NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

14 Des 2019
14 Des 2019
14 Des 2019

Baca Juga

Berita Lainnya