trubus.id
Ikan Salmon dan Ikan Tuna, Manakah yang Lebih Unggul Nutrisinya?

Ikan Salmon dan Ikan Tuna, Manakah yang Lebih Unggul Nutrisinya?

Syahroni - Rabu, 20 Nov 2019 22:30 WIB

Trubus.id -- Trubus Mania pasti sudah tahu bahwa makan ikan bisa membuat otak menjadi lebih cerdas. Tak hanya membantu otak menjadi lebih cerdas, kandungan protein yang tinggi serta lemak yang sedikit seringkali membuat banyak orang yang ber diet atau membentuk tubuh memilih diet pescetarian—vegetarian namun boleh makan ikan.

Menurut survei kecil oleh Glitzmedia, ada dua jenis ikan laut yang menjadi favorit banyak orang, yakni ikan tuna dan ikan salmon. Dua jenis ikan laut yang sering ditemukan dalam menu sushi ini sama-sama memiliki manfaat yang baik untuk tubuh di samping rasanya yang lezat. Namun jika ditilik dari segi manfaat, manakah yang lebih unggul?

Nutrisi

Dalam tiga ons daging ikan tuna mengandung 110 kalori, 24 gram protein, dan 278 miligram lemak omega-3. Sedangkan salmon dengan berat yang sama dapat memberikan 160 kalori, 22 gram protein dan 5 gram lemak.

Jika dilihat, tuna lebih baik bagi kamu yang sedang menjalankan diet kalori dan ingin mengonsumsi lebih banyak protein. Namun jika sering berolahraga, disarankan untuk mengonsumsi salmon agar mendapatkan energi lebih baik.

Vitamin 

Dalam tubuh ikan salmon mengandung 45% vitamin B-12, sedangkan ikan tuna hanya mengandung 30%. Selain itu, ikan salmon lebih unggul dalam hal kandungan riboflavin, thiamine, dan asam folat, dibandingkan dengan tuna.

Ditilik dari kandungan vitaminnya, ikan salmon jelas lebih baik dibandingkan dengan tuna. Namun, perlu dilihat lagi asal ikan tersebut. Daging yang segar tentu jauh lebih baik.

Kolesterol 

Bagi penderita kolesterol, disarankan untuk memilih ikan tuna dibanding salmon. Pasalnya, ikan salmon lebih banyak mengandung kolesterol dibandingkan dengan tuna. Dalam 100 gram salmon, terdapat 55 miligram kolesterol dibandingkan dengan tuna yang mengandung 44 miligram kolesterol dalam gramasi yang sama.

Mineral 

Dalam satu piring saji ikan salmon (sekitar 150 gram hingga 200 gram), kamu bisa memperoleh 20% fosfor, 8% magnesium, dan 6% zat besi. Sementara untuk satu piring saji tuna, kamu akan mendapatkan 25% fosfor, 10% magnesium, dan 8% zat besi, serta 4% kalsium. Secara garis besar, kandungan mineral pada ikan tuna lebih besar dibandingkan dengan ikan salmon dalam berat yang sama.

Amankah Dikonsumsi?

Dibanding dengan salmon, tuna memiliki kemungkinan lebih besar akan kandungan merkuri. Namun merkuri ini tidak berbahaya bagi tubuh jika tidak terlalu sering dikonsumsi. Sebaiknya, konsumsi ikan tuna maksimal 6 ons per bulan.

Sedangkan salmon memiliki tingkat keamanan lebih besar untuk dikonsumsi sehingga kamu dapat mengonsumsi 6 ons salmon dalam satu minggu.

Intinya, kedua ikan ini memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Dengan ulasan di atas, konsumsilah ikan tersebut sesuai dengan keunggulan yang ingin kamu dapatkan, ya.

Editor : Syahroni

Berita Terkait

14 Des 2019
14 Des 2019
14 Des 2019

Baca Juga

Berita Lainnya