trubus.id
Kadis PMD Jabar: Berkat Digitalisasi Pemberdayaan di Desa Jadi Lebih Cepat

Kadis PMD Jabar: Berkat Digitalisasi Pemberdayaan di Desa Jadi Lebih Cepat

Astri Sofyanti - Rabu, 20 Nov 2019 13:00 WIB

Trubus.id -- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Kadis PMD) Pemprov Jawa Barat Dedi Supandi mengungkapkan, bahwa Provinsi Jawa Barat menjadi salah satu daerah yang telah menerapkan digitalisasi untuk pemberdayaan masyarakat desa.  
 
"Jawa Barat menerapkan strategi namanya Desa Juara. Melalui program Desa Digital untuk mempercepat digitalisasi layanan desa, hal kedua menguatkan produk desa melalui One Village, One Company dan yang ketiga ada Gerbang Desa atau gerakan membangun desa," kata Dedi dalam Diskusi Media dalam Forum Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tema "Polemik Dana Desa: Sudah Tepat Guna" di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (19/11).
 
Dedi mengaku dengan adanya program digitalisasi desa mempercepat akses telekomunikasi dan internet di beberapa titik desa. Tahun ini, BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Pemprov Jabar menyediakan 600 titik wifi di perdesaan. Memberikan penguatan pada Sistem Keuangan Desa dan memudahkan layanan perangkat desa.  

Baca Lainnya : Inovasi Dana Desa Diklaim Kurangi Kemiskinan di Jawa Barat 
 
"Kemiskinan sebenarnya bukan akar keterbelakangan dari desa, namun dengan masyarakat desa memahami potensi desanya maka dengan inovasi mendekatkan produk desa ke pasar," ucapnya.
 
Dirinya mengatakan, bila ditinjau pemanfaatan Dana Desa di Jabar sejak tahun 2015 sampai sekarang sudah ada peningkatakan jumlah jembatan gantung, bertambahnya panjang jalan desa, irigasi serta pasar desa untuk penguatan produk desa serta BUMDes. Hal ini menunjukkan ada kemajuan dan pemberdayaan di tingkat desa. 

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

03 Juli 2020
02 Juli 2020
01 Juli 2020