trubus.id
Hindari Beberapa Hal yang Mempercepat Kematian Anjing Kesayangan Anda

Hindari Beberapa Hal yang Mempercepat Kematian Anjing Kesayangan Anda

Hernawan Nugroho - Senin, 18 Nov 2019 15:00 WIB

Trubus.id -- Kadang-kadang, gaya hidup kita yang sibuk menyebabkan kita mengabaikan beberapa langkah sederhana yang dapat membantu memperpanjang umur anjing kesayangan. Namun, kabar baiknya adalah bahwa semua ini dapat diperbaiki dan tidak ada kata terlambat untuk meningkatkan tingkat perawatan yang kami lakukan dalam memelihara hewan peliharaan kami. Laman WestVet membagikan informasi tentang cara-cara kita mungkin secara tidak sengaja mempercepat umur anjing kita.

 1. Membiarkan anjing bertambah berat terlalu banyak

Menurut Association for Pet Obesity Prevention, sekitar 53 persen anjing mengalami kelebihan berat badan. Selain itu, asosiasi menemukan bahwa 95 persen pemilik anjing gemuk ini salah mengidentifikasi hewan peliharaan mereka dengan berat badan normal. Seperti yang Dr. Shari Brown, dokter hewan di Chesapeake, Virginia, catat, membiarkan anjing Anda menjadi terlalu berat tidak hanya dapat mengurangi rentang hidupnya tetapi juga kualitas hidupnya. "Orang-orang tidak menyadari bahwa anjing tidak memproses atau memecah makanan seperti kita," jelasnya.

Baca Lainnya : Perilaku Anjing Tergantung Bagaimana Perlakuan Pemilik Terhadapnya

Misalnya, ketika seekor anjing makan 1 ons keju cheddar, itu setara dengan kalori untuk manusia yang makan 1,5 hamburger atau 3 batang cokelat. Dan bukan hanya makanan orang-orang yang menyebabkan masalah ini - beberapa anjing hanya diberi makan terlalu banyak atau makanan anjing. “Saya memberi tahu pemilik untuk memperlakukan setiap suguhan seperti permen. Apakah Anda akan memberi anak Anda 8 permen batangan sehari? Saya kira tidak, "Dr. Brown menambahkan.

Solusinya, Dr. Brown menyarankan untuk membatasi jumlah makanan orang yang berikan kepada anak anjing dan memastikan bahwa benar-benar memonitor asupan pakannya. Dia juga merekomendasikan bahwa pemilik hewan peliharaan meningkatkan rutinitas latihan hewan peliharaan mereka yang gemuk, bahkan jika itu berarti menjadi kreatif. "Jika di luar dingin atau pemiliknya tidak bisa berolahraga banyak, letakkan tali pengikat pada anjing Anda dan bawa beberapa putaran di sekitar halaman belakang atau rumah Anda. Atau gunakan tali pengikat dan bawa mereka untuk berkeliling di bagian dalam rumah, ”kata Dr. Brown. "Lakukan apa pun untuk membuatnya bergerak."

2. Mengabaikan perawatan gigi anjing

Penyakit periodontal (penyakit gusi), merupakan masalah umum pada anjing. Seperti yang dilaporkan oleh American Humane Society, dokter hewan memperkirakan bahwa 85 persen anjing di atas lima tahun menderita kondisi tersebut, yang berkembang setelah makanan dan bakteri berkumpul di sepanjang garis gusi dan membentuk plak di mulut anjing. Penumpukan bakteri mulut pada akhirnya dapat menyebabkan semua jenis masalah kesehatan untuk hewan peliharaan, termasuk masalah katup jantung dan infeksi di dalam ginjal.

Solusinya, Dr. Jeff Werber, pemilik Century Veterinary Group di Los Angeles, CA, merekomendasikan untuk mengambil sikat gigi dan menggosok gigi anjing sesering mungkin. "Tidaklah sulit untuk menyikat gigi anjing Anda (sikat jari berfungsi dengan baik) dan ada mengunyah mainan dan tulang yang membantu mengurangi plak, serta zat tambahan air yang membantu menjaga kesehatan mulut," jelasnya. Jadwalkan kunjungan dengan dokter hewan untuk sesi pembersihan profesional setidaknya sekali setiap tahun.

(Foto: shutterstock)

3. Melewatkan pemeriksaan tahunan

Meskipun mungkin menyusahkan untuk membawa anjing ke dokter hewan setiap tahun, hal itu dapat menyelamatkan nyawanya. "Hanya membawa periksa anjing sekali atau dua kali setahun ke dokter hewan dapat membantu meningkatkan rentang hidup," kata Dr. Brown, yang menekankan pentingnya fisik tahunan bahkan untuk anjing yang tampaknya sehat. "Bahkan jika anjing bertingkah normal pun, sesuatu bisa saja muncul di dalam," jelasnya. Dan dalam hal kesehatan anjing, waktu adalah yang terpenting. “Dalam beberapa kasus, pada saat gejala muncul, tidak banyak yang bisa kita lakukan. Tetapi jika kita memulai perawatan lebih awal, itu dapat membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas hidup anjing, ”tambah Dr. Brown.

Solusinya, para ahli, termasuk Brown, merekomendasikan membawa anak anjing Anda untuk kegiatan fisik tahunan atau dua tahunan (terutama untuk anjing di atas usia 7). Jika ada kondisi yang mendasari di masa lalu, orang tua hewan peliharaan harus meminta cek darah tahunan untuk menindaklanjuti penyakit tersebut. Dr. Werber juga mendesak pemilik anjing untuk selalu memperbarui vaksinasi agar hewan peliharaan mereka terlindungi dari rabies, pengganggu anjing, parvovirus, adenovirus, parainfluenza, dan bordatella.

Baca Lainnya : Menjaga Kesehatan Anjing dengan Menghindari Makanan Ini

4. Memaparkan anjing pada perokok pasif 

Sama seperti manusia, paru-paru anjing tidak dilengkapi untuk menangani asap yang dihembuskan sepanjang hari. Menurut Dr. Werber, asap rokok dapat sangat merugikan hewan peliharaan, menyebabkan semua jenis penyakit, seperti peningkatan risiko kanker dan masalah pernapasan yang berbahaya.

Solusinya, tentunya cara ideal untuk mengatasi situasi ini adalah dengan tidak merokok. Tetapi jika kebiasaan itu penting untuk gaya hidup Anda, maka itu ide yang baik untuk memastikan bahwa Anda melakukannya jauh dari anjing.

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

14 Des 2019
14 Des 2019
14 Des 2019

Baca Juga

Berita Lainnya