trubus.id
Probiotik dan Makanan Fermentasi, Apa Sih Bedanya?

Probiotik dan Makanan Fermentasi, Apa Sih Bedanya?

Syahroni - Senin, 18 Nov 2019 06:00 WIB

Trubus.id -- Ilmu tentang enzim pencernaan dan apa yang membuat kesehatan usus lebih baik memunculkan dua istilah lebih sering daripada yang lain. Yang pertama adalah probiotik, dan yang kedua, makanan fermentasi. Ajakan untuk rutin mengonsumsi keduanya pun gencar di internet. 

Seringkali, keduanya tertukar, dan ada kepercayaan populer bahwa mereka, pada dasarnya sama. Pada kenyataannya, probiotik dan makanan fermentasi adalah dua jenis makanan yang sangat berbeda. Mari kita lihat apa yang membedakan mereka satu sama lain.

Probiotik telah didefinisikan oleh FAO (Organisasi Pangan dan Pertanian) dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai "mikroorganisme hidup yang bila diberikan dalam jumlah yang memadai memberi manfaat kesehatan pada induk semang". Kata kunci di sini adalah ‘hidup’. Probiotik adalah bakteri hidup, yang ketika dicerna, akan mempromosikan pertumbuhan bakteri baik di seluruh sistem pencernaan, dan meningkatkan kesehatan usus.

Perbedaannya dengan probiotik, makanan fermentasi tidak perlu mengandung organisme hidup. Makanan fermentasi seperti bir, anggur, dan yoghurt, misalnya, bukanlah probiotik! Roti dan kimchi adalah contoh lain dari makanan fermentasi non-probiotik. Namun, beberapa makanan dapat difermentasi maupun termasuk ke dalam probiotik - yoghurt adalah contoh klasik, seperti kebanyakan keju.

Sudah paham, kan, sekarang?

Editor : Syahroni

Berita Terkait

28 Feb 2020
28 Feb 2020
27 Feb 2020

Baca Juga

Berita Lainnya