trubus.id
Tips Memotong Kuku Anjing

Tips Memotong Kuku Anjing

Hernawan Nugroho - Rabu, 13 Nov 2019 12:00 WIB

Trubus.id -- Kuku yang tidak dipotong dapat patah, berdarah atau bahkan tumbuh ke dalam kaki, menyebabkan anjing kesayangan  tidak merasa nyaman. Kalau pemilik sudah mendengar bunyi ‘klik-klik-klik’ saat anjing berjalan di lantai keras, itu merupakan tanda paling jelas kalau kuku anjing perlu dipotong. PetWorld mengatakan, sekali pemilik belajar bagaimana untuk melakukannya, memotong kuku anjing akan menjadi semudah memotong kuku sendiri.

Baca Lainnya : Perilaku Anjing Tergantung Bagaimana Perlakuan Pemilik Terhadapnya

Langkah pertama, duduk di lantai dengan anjing . Gunakan hanya gunting kuku yang dirancang khusus untuk hewan peliharaan. Dokter hewan dapat merekomendasikan gunting kuku yang terbaik untuk anjing kita.

Pegang kaki hewan peliharaan dengan kuat dan tekan bantalan kaki dengan lembut supaya kuku keluar. Mulai dari ujung kuku, potong pada sudut 45 derajat dengan ujung gunting ke arah kuku. Jika kuku berwarna gelap, potong kuku tersebut sedikit dari ujung sampai kuku lebih pendek. Jika melihat titik hitam di tengah kuku, berarti sudah mendekati nail quick (daging di dalam kuku) dan harus berhenti memotong segera.

Memotong kuku sebaiknya seminggu sekali, atau setidaknya dua kali sebulan. Semakin sering Anda rapikan, akan semakin mudah dan lebih baik untuk memotongnya sedikit demi sedikit daripada memotong dalam ukuran panjang.

Baca Lainnya : Mengapa Beberapa Jenis Anjing Lebih Ganas daripada yang Lain?

Gunakan kikir kuku normal untuk memendekan kuku kaki anak anjing dan anjing tua sehingga tidak menyebabkan nyeri atau pendarahan. Jika memotong kuku ini terlalu sulit atau takut menyebabkan cedera pada anjing, segera panggil groomer profesional atau dokter hewan untuk bantuan.

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020