trubus.id
Life » Kontroversi Air Soda, Adakah Manfaat Sehatnya?
Kontroversi Air Soda, Adakah Manfaat Sehatnya?

Kontroversi Air Soda, Adakah Manfaat Sehatnya?

Hernawan Nugroho - Selasa, 12 Nov 2019 12:00 WIB

Trubus.id -- Tak ada perdebatan soal betapa pentingnya air bagi kesehatan tubuh, meski ada kontroversi tentang varian lain - air bersoda. Sering ditawarkan sebagai alternatif air dengan makanan, air soda tak lain adalah air berkarbonasi yang juga dikenal sebagai soda atau air bersoda (sparkling water). Sementara dalam banyak kasus, karbon dioksida ditambahkan ke jenis minuman ini. 

Kelebihan utama dari air soda adalah airnya bebas kalori, dan memberikan alternatif minuman soda dan cola manis dimana orang cenderung untuk membuang atau menambahkannya pada koktail atau mocktail mereka.

Baca Lainnya : Menggabungkan Minuman Bersoda dengan Bahan Makanan Ini Dapat Mengganggu Kesehatan

Air soda ternyata dapat membantu pencernaan, membantu mengatur pergerakan usus dan juga mencegah makan berlebih, loh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ia dapat meningkatkan kesehatan jantung, meskipun ini belum terbukti.

Pada sisi negatifnya, air berkarbonasi ini sedikit bersifat asam, sehingga bisa mengganggu keseimbangan pH tubuh saat dikonsumsi berlebihan. Ini juga dapat memengaruhi kesehatan gigi. Jika kamu melihatnya sebagai pengganti air, air soda tentu tidak dapat menghidrasi secara efektif! [Ayu/NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020