trubus.id
Bukit Kuneer, Favorit Baru di Kota Malang

Bukit Kuneer, Favorit Baru di Kota Malang

Hernawan Nugroho - Jumat, 08 Nov 2019 16:30 WIB

Trubus.id -- Bukit satu ini menyuguhkan banyak hal sehingga pengunjung tidak akan merasa bosan ketika berada di lokasi. Mau tahu? Ini dia kegiatan menarik yang dapat dilakukan di Bukit Kuneer.
Saat langit cerah, Trubus Mania bisa berfoto di sejumlah spot foto instagramable yang sudah disiapkan pengelola wisata Kebun Teh Lawang. Salah satu yang kerap jadi favorit pengunjung adalah Jembatan Cinta.

Bukit Kuneer sendiri berada di ketinggian sekitar 1.100 meter di atas permukaan laut (mdpl). Nama Kuneer diberikan karena dulunya wilayah ini berfungsi sebagai perkebunan kunir. Dari kebun teh ini, Sobat Pesona bisa melihat dengan jelas puncak Arjuno dan Bukit Budug Asu.

Baca Lainnya : Sadar Pariwisata, Indahnya Pantai Kayu Angin Hasil Gotong Royong Warga

Asu dalam bahasa Jawa berarti anjing. Nama tersebut disematkan lantaran dulu banyak anjing berkeliaran di sana. Sekarang Budug Asu kerap digunakan sebagai arena hash, yakni olahraga lintas alam menelusuri track khusus dengan sederet petunjuk. Jangan khawatir kalau tiba-tiba ingin buang air, pengelola menyediakan kamar kecil yang cukup bersih di Bukit Kuneer.

(Foto: Wisatakita)

Tak jauh dari Hotel Rollaas, cukup jalan kaki sekitar lima menit, terdapat kolam renang dan terapi ikan. Biaya sewanya sama sekali tidak mahal, hanya di kisaran Rp10-12 ribu. Jalan kaki sedikit lagi, Trubus Mania akan melihat taman bermain anak dengan beragam wahana seperti jungkat-jungkit dan ayunan. Tak jauh dari situ, Sobat Pesona juga bisa uji nyali dengan mengendarai ATV, motor trail, dan flying fox. Biaya sewanya hanya sekitar Rp20-50 ribu.

Pengunjung juga bisa menemukan koperasi yang menjual oleh-oleh, makanan ringan seperti kerupuk, dan penganan khas daerah lokal. Lokasinya juga tidak terlalu jauh, bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Baca Lainnya : Berwisata Sambil Mengamati Paus di Laut dari Dekat. Ini Dia Daftar Tempatnya

Wisatawan bisa mengelilingi perkebunan milik PTPN XII dengan kereta kelinci. Sembari melihat-lihat pemandangan sekitar, Sobat Pesona akan ditemani pemandu yang menceritakan sejarah perkebunan, jenis tanaman di sekitar kebun, dan informasi mengenai ragam jenis teh.

Kebun Teh Lawang sendiri usianya sudah lebih dari 100 tahun. Kawasan ini sudah ada sejak zaman Indonesia masih dijajah Belanda. Trubus Mania bisa menikmati suasana sekitar dengan naik kereta kelinci. Tiketnya hanya Rp5 ribu per orang. Seru sekali, bukan? Jadi, kapan Trubus Mania akan mengunjungi Bukit Kuneer?

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

21 Nov 2019
21 Nov 2019
20 Nov 2019

Baca Juga

Berita Lainnya