trubus.id
Puluhan Kura-kura Terancam Punah Dicuri dari Kebun Binatang Jepang

Puluhan Kura-kura Terancam Punah Dicuri dari Kebun Binatang Jepang

Syahroni - Kamis, 07 Nov 2019 21:00 WIB

Trubus.id -- Tak kurang dari 60 ekor kura-kura yang terancam punah telah menghilang dari kebun binatang di provinsi paling selatan Jepang. Kuat dugaan, kura-kura terancam punah itu hilang dicuri, menurut pejabat di negara tersebut, Kamis (7/11).

"Kami memberi mereka makan dua kali seminggu dan penjaga melihat jumlah mereka jelas berkurang," kata Kozue Ohgimi, kepala seksi kebun binatang di Kebun Binatang dan Museum Okinawa, seperti dilansir dari AFP.

Petugas kebun binatang kemudian menemukan ikatan kabel yang digunakan untuk mengamankan jaring di atas selungkup kandang kura-kura tersebut telah terputus di beberapa tempat.

"Jaringnya cukup longgar untuk memungkinkan orang dewasa menyelinap ke daerah itu," kata Ohgimi kepada AFP melalui sambungan telepon.

Para pejabat khawatir kura-kura itu mungkin dicuri untuk dijual di pasar gelap, di mana mereka dihargai sebagai hewan peliharaan yang eksotis.

"Mereka diperdagangkan dengan harga tinggi," kata Ohgimi lagi.

Kasus pencurian ini sendiri telah dilaporkan ke pihak kepolisian setempat. Kini laporan sudah dalam tahap penyelidikan, terang pejabat kebun binatang.

Sebagian besar kura-kura terancam punah yang menghilang rata-rata berukuran kecil. Panjangnya maksimum hanya 20 sentimeter (7,9 inci). Secara keseluruhan, kebun binatang mengatakan 64 kura-kura telah menghilang. Rinciannya, 15 kura-kura daun Ryukyu dan 49 kura-kura kotak berwarna kuning.

Kedua jenis ini masuk dalam daftar merah spesies terancam oleh International Union for Conservation of Nature and Resources Natural. Kedua spesies tersebut juga ditetapkan sebagai "harta karun alami" oleh agensi urusan budaya Jepang — yang berarti perdagangan komersial di dalamnya sudah dilarang. [RN]

Editor : System

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020