trubus.id
Aplikasi Buatan Mahasiswa Ini Mampu Deteksi Kesegaran Ikan

Aplikasi Buatan Mahasiswa Ini Mampu Deteksi Kesegaran Ikan

Thomas Aquinus - Rabu, 06 Nov 2019 07:30 WIB

Trubus.id -- Dua mahasiswa IPB University dari program studi Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK), Dhea Fajriati Anas dan Syifa Afnani Santoso berhasil menciptakan “Si Cerdik”. Si Cerdik merupakan teknologi pendeteksi tingkat kesegaran ikan yang berhasil mendapatkan Juara 1 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Kemaritiman di Universitas Hasanudin Makasar, Oktober lalu.

“Si Cerdik ini adalah teknologi untuk mendeteksi kesegaran ikan dengan menggunakan metode deep learning. Inovasi ini berupa aplikasi android yang nantinya akan memudahkan masyarakat,” kata Dhea Fajriati Anas dalam keterngan tertulis yang diterima Trubus.id.

Menurut Dhea, ibu-ibu pemilik warung makan membutuhkan informasi cara mengetahui tingkat kesegaran ikan dengan mudah, cepat dan akurat agar bisa menyiapkan makanan yang sehat dan bergizi.

Baca Lainnya : Mahasiswa dari 7 Negara Pelajari Biodiversitas Belitong Park Saat Summer Course di IPB University

“Inspirasinya sangat sederhana. Yaitu saat melihat ibu-ibu pemilik warteg, yang setiap harinya itu perlu menyiapkan lauk (ikan). Mereka perlu informasi tingkat kesegaran ikan dengan mudah, cepat dan akurat,” tutur Dhea.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah bisa mengetahui traceability produk perikanan (untuk mengetahui asal usul produk tersebut), penambahan jenis ikan yang dideteksi dan peningkatan akurasi dengan penambahan variasi data gambar.

Baca Lainnya : Gali Ilmu Sains Kaum Milenial, IPB University Gelar Pesta Sains Nasional

Si Cerdik sendiri sebenarnya merupakan pengembangan teknologi lebih lanjut dari alat untuk mendeteksi kesegaran pada ikan dengan metode akustik yg dikembangkan sebelumnya oleh Prof Dr Indra Jaya dan tim. Alat tersebut masih cukup besar sehingga kurang praktis dan relatif lebih rumit dalam mengoperasikannya.  

Dhea dan tim berharap, ke depannya algoritma pendeteksian tingkat kesegaran ikan dapat diimplementasikan bukan hanya di aplikasi android, namun di rancang bangun untuk skala industri untuk mempermudah menentukan apakah ikan yang dideteksi kategori segar, agak segar atau tidak segar. 

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

01 April 2020
31 Mar 2020
31 Mar 2020

Berita Lainnya